1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
wajah teras kayu
Sumber : Panworldtraders

Keberadaan teras kayu di rumah akan menjadikan hunian terlihat lebih hangat dan nyaman untuk ditinggali. Tapi, seiring berjalannya waktu, tentu wajah teras kayu ini jadi semakin memuudar. Bahkan bisa jadi ada beberapa bagian yang tergores dan retak. Sehingga selain butuh perawatan dan mungkin renovasi, sudah saatnya wajah teras kayu di rumah gaya modern Sobat diperbarui. Gimana cara-cara dan langkahnya?

Wajah teras kayu bisa diperbarui dengan tanaman hias

Salah satu cara untuk melindungi wajah teras kayu adalah dengan meletakkan tanaman di sekitarnya. Tanaman hias yang cukup tinggi akan melindungi kayu dari sengatan sinar matahari. Keberadaan tanaman di sekelilingnya juga membuat suasana eksterior rumah terlihat lebih menyatu dengan alam.

wajah teras kayu
Sumber : urbanclap
wajah teras kayu
Sumber : bertschikon

Beberapa pilihan tanaman yang cocok untuk teras dengan lantai kayu ini antara lain lidah mertua, pandan bali, rain lily, brokoli kuning, dan tanaman hias sejenis lainnya. Tapi pastikan tanaman hias yang dipilih tidak tinggi, maksimal sekitar 1 meter. Bisa juga dengan menambahkan jenis tanaman sayur dan buah merambat sebagai alternatif kanopi di atas teras tersebut.

Menambahkan fitur atap dan railing pada teras kayu

Wajah teras kayu ternyata bisa juga didekor dengan menambahkan atap atau railing kayu seperti ini lho!

wajah teras kayu
Sumber : thc-home
wajah teras kayu
Sumber : Panworldtraders

Gunanya railing pada area teras kayu adalah sebagai pengaman di teras atas atau balkon rumah. Sedangkan tambahan atap untuk melindungi para pemilik rumah dari panasnya matahari yang menyinari area teras kayu.

Namun jangan lupa untuk melakukan perawatan pada area teras kayu

Jika mengaplikasikan teras kayu pada sebuah hunian, tentunya wajib juga untuk melaksanakan perawatan pada area teras kayu tersebut. Supaya wajah teras kayu bisa terus awet sampai lama. Nah, perawatan rutin yang harus dilakukan adalah pengecatan ulang, pelapisan minyak sampai tahap pengeringan.

wajah teras kayu
Sumber : Home furniture plans

Pengecatan ulang perlu dilakukan setiap paling tidak setiap 2 tahun sekali. Ini bertujuan agar teras kayu tetap memiliki warna yang bagus. Pelapisan minyak bisa menggunakan sealer dan stain khusus kayu. Bisa juga menggunakan bahan dapur yang mengandung minyak alami, misalnya ampas kelapa atau ampas kopi. Pelumasan perlu dilakukan paling tidak sebulan sekali, terutama agar kayu tidak kering dan retak. Sementara, pengeringan sangat penting saat udara lembab dan musim hujan.