1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
tirai bambu teras rumah
Sumber: istimewa

Teras termasuk bagian penting rumah yang memperlihatkan kesan pertama dari rumah. Sehingga tak sedikit yang menganggap teras sebagai wajah sebuah hunian. Tapi keberadaannya yang terletak di area luar rumah, sering kali bikin teras jadi lebih mudah kotor. Apalagi saat musim hujan tiba. Nah, supaya teras tak mudah kotor saat musim hujan, ada beberapa tips untuk meminimalkannya kok yang bisa Sobat Rooang terapkan.

Pastikan Keberadaan Atap Yang Menutupi Teras

Memiliki teras tanpa atap memang terkesan seru. Tapi resikonya, area teras jadi mudah terkena terpaan panas atau hujan secara langsung. Karena itu supaya area teras lebih terlindung dan tidak mudah kotor, Sobat Rooang bisa membuat teras rumah dengan atap yang lebih lebar.

supaya teras rumah tak mudah kotor
Sumber: istimewa

Dengan atap yang lebih lebar dari teras rumah, Sobat Rooang bisa meminimalkan kemungkinan area teras akan terkena tetesan air hujan. Deng begitu bukan hanya teras rumah jadi tak mudah kotor, tapi berbagai furnitur yang diletakkan di area teras rumah pun kemungkinan akan lebih awet.

Sobat Rooang juga bisa membuat teritisan atau atap tambahan yang bisa dibuat secara terpisah dengan atap utama atau perpanjangan dari atap yang ada di bagian atas bangunan.

Pasangi Tirai Supaya Teras Tak Mudah Kotor

tirai bambu teras rumah
Sumber: istimewa

Jika atap atau teritisan teras sudah terlanjur dibuat pendek, Sobat Rooang bisa kok mengakalinya dengan memasang tirai bambu supaya percikan air hujan tidak mengenai area teras rumah. Saat musim panas, tirai bambu ini juga bisa berfungsi untuk sedikit menghalau panas matahari ke dalam area teras.

Baca Juga: Jenis-Jenis Teras Rumah Yang Wajib Kalian Ketahui

Kurangi Resiko Percikan Air Dengan Teras Yang Lebih Tinggi

Usahakan untuk membuat teras yang lebih tinggi dari area tanah. Sehingga saat hujan turun dan membasahi tanah, percikan-percikan airnya tidak mudah membasahi area teras rumah nih Sobat Rooang. Supaya lebih aman, usahakan agar selisih ketinggiannya lebih dari 10-15 cm ya.

teras rumah cantik
Sumber: Istimewa

Jadi dengan posisi teras yang lebih tinggi dari tanah di sekitarnya, resiko cipratan air pada teras rumah akan lebih berkurang.

Hindari Dengan Bebatuan Atau Rumput

supaya teras tak mudah kotor
Sumber: Pinterest

Meletakkan bebatuan dan rumput di area dekat teras dapat membantu Sobat Rooang mengurangi resiko air hujan dan cipratan tanah pada area teras supaya teras tak mudah kotor lho. Selain itu, keberadaan rerumputan dan bebatuan di halaman juga membuat rumah tampak lebih cantik, menarik dan sejuk.