1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
cegah banjir masuk rumah
Sumber : DirumahKU

Sampah rumah tangga yang tidak dikelola dengan baik dapat menimbulkan sejumlah permasalahan, terutama bencana banjir yang kerap datang saat musim hujan tiba. Sebaik apapun sistem drainase yang ada jika permasalahan sampah rumah tangga tidak dapat diatasi dengan baik, maka sampah tersebut akan menyumbat saluran sehingga air sulit mengalir dan banjir akan menghampiri hunian kalian. Yuk, cegah banjir masuk rumah dengan mengelola sampah rumah tangga dengan tepat. Gimana caranya?

Cegah banjir masuk rumah dimulai dari mengetahui jenis-jenis sampah

Sampah rumah tangga yang jenisnya bermacam-macam ini adalah kunci penting, supaya bikin rumah Sobat Rooang tidak kebanjiran. Kuncinya adalah ketahui dulu jenis-jenis sampah yang ada di dalam rumah tangga.

cegah banjir masuk rumah
Sumber : shutterstock

Ada sampah organik, lalu ada sampah anorganik dan ada juga sampah berbahaya atau beracun. Ketika sudah paham dan tahu jenis-jenis sampah, Sobat Rooang akan lebih gampang untuk mengolah dan mengurainya.

Mengolah dan mengurai jenis-jenis sampah

Setelah tahu dan kenal jenis-jenis sampah yang ada di rumah tangga, kita masuk di proses pengolahan dan penguraian sampahnya.

cegah banjir masuk rumah
Sumber : foodnavigator

Untuk sampah organik, karena jenis sampah ini berasal dari sisa bahan makanan, seperti sayuran, buah-buahan dan kulitnya, dan ampas teh. Dan jenis sampah ini adalah jenis sampah yang paling mudah untuk diurai oleh tanah, Sobat. Tinggal ditimbun di tanah, lama-kelamaan sampah organik akan terurai.

cegah banjir masuk rumah
Sumber : Greenpath Recovery

Sedangkan sampah anorganik adalah jenis sampah sulit terurai di alam karena proses dekomposisinya berlangsung secara perlahan, bahkan membutuhkan waktu bertahun-tahun lamanya. Apalagi sebagian besar sampah anorganik berasal dari benda-benda buangan berbahan plastik, logamstyrofoam, dan kaca.

Kemudian ada jenis sampah berbahaya dan beracun yang berasal dari limbah Kaleng cat, tinta printer, baterai, insektisida, deterjen, dan bola lampu. Karena barang-barang tersebut mengandung bahan kimia beracun, jadi bisa membahayakan apabila dibiarkan terurai begitu saja.

Cobalah untuk mengurangi produksi sampah

Setelah mengenal jenis-jenis sampah rumah tangga, kini saatnya untuk mencoba menerapkan teknik-tenik pengolahannya. Dimulai dari yang paling sederhana Sobat, yaitu coba deh untuk mengurangi jenis sampah rumah tangga yang sulit terurai seperti sampah plastik.

cegah banjir masuk rumah
Sumber : shutterstock

Untuk mengurangi penggunaan sampah plastik, kamu dapat mengantinya dengan membawa kantong kertas atau tas kanvas multifungsi, yang praktis dibawa ke mana-mana. Utamakan juga penggunaan produk isi ulang ketimbang produk-produk sekali pakai. Hindari juga membeli makanan yang dibungkus styrofoam, lebih baik gunakan kotak makanan yang tahan lama.

Jangan lupa untuk pisahkan sampah sesuai jenisnya

Cegah banjir masuk rumah itu juga wajib Sobat Rooang lakukan dengan cara memisahkan jenis-jenis sampah rumah tangga sesuai dengan jenisnya.

cegah banjir masuk rumah
Sumber : shutterstock
cegah banjir masuk rumah
Sumber : shutterstock

Sampah organik kering dan basah pun perlu dipisahkan demi mempermudah proses pengolahan. Bedakan warna atau bentuk wadah dan beri label pada bagian depannya sehingga kamu tidak membuang sampah di tempat yang salah. Dan dengan melakukan hal ini, dijamin deh kalian bisa mencegah rumah kalian kebanjiran gara-gara tumpukan sampah yang menumpuk!

1 COMMENT