1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
EH House
Sumber : archdaily

Andra Matin dan kiprahnya sebagai salah satu arsitek Indonesia yang hebat, memang tidak bisa lagi dipungkiri. Apalagi banyak sekali rancangan-rancangan beliau yang mendapatkan penghargaan baik nasional maupun internasional. Sehingga kehebatan dan tangan dingin Andra Matin memang tidak terbantahkan lagi! Dan kali ini, Rooang akan mencoba untuk membahas salah satu karya Andra Matin yang punya gaya fasad cukup unik! Nama rancangannya adalah EH House, Sobat. Kira-kira, seperti apa penampilan rumah yang dari fasadnya saja sudah memukau mata?

EH House karya Andra Matin tampil selaras dengan alam

Rumah karya Andra Matin yang berlokasi di kawasan Bandung ini, dibangun di atas lahan seluas 390 meter persegi. Tampil menonjol di bagian fasadnya, bangunan rumah ini tetap mampu tampil menonjol namun, selaras menyesuaikan dengan lingkungan sekitar.

EH House
Sumber : archdaily

Dengan pilihan warna cokelat tua khas material kayu jati yang digunakan di bagian fasad rumah, kombinasi yang selaras coba diwujudkan oleh Andra Matin dengan meletakkan banyak tanaman hijau seperti pohon Pinus di sekitar hunian. Dengan begitu konsep rumah rasa vila, sangat kental terasa di hunian ini, Sobat.

Baca juga : Kafe Kopi Kece Bikin Betah Ini Yang Punya Arsitek Loh!

Bentuk fasad dibuat melayang untuk menyesuaikan lahan

Secara pandangan orang awam sih, rumah ini terlihat cantik dengan bentuk fasad dari kayu jati dan dinding kaca yang dibentuk melayang. Namun tahukah Sobat, bahwa bentuk fasad yang melayang serta bentuk atap yang melengkung ini merupakan bentuk respon sang arsitek terhadap kondisi alam dan iklim di sekitar hunian yang berbukit.

EH House
Sumber : archdaily

Lalu soal bentuk atap rumah yang menggunakan material sirap, ternyata mampu berpadu manis dan tampil kokoh dengan pilihan kayu jati untuk material interior hunian. Membuat kesan hangat terasa sekali pada rumah ala vila ini kan, Sobat!

EH House
Sumber : archdaily
EH House
Sumber : archdaily
EH House
Sumber : archdaily
EH House
Sumber : archdaily

Sehingga jadilah bentuk fasad hunian cantik nan unik, namun tetap fungsional bagi pemilik hunian. Sinar matahari tetap bisa masuk ke dalam rumah dengan merata, tapi hawa dingin sejuk khas kawasan Bandung tetap terasa hangat, lewat material kayu jati pada bagian dinding dan lantainya.

Sumber : archdaily

Udah gitu bagian ruang makannya yang didominasi oleh material kayu, bikin hunian ini nyaman banget deh digunakan untuk bersantai-santai setela lelah seharian beraktivitas.

EH House
Sumber : archdaily

Dan material kaca yang ada di lantai dua hunian, memungkinkan hunian ini untuk tetap bisa mendapatkan pencahayaan alami tanpa membuat penghuni rumah merasa kepanasan, soalnya kan letak hunian yang dikelilingi oleh lingkungan asri, menjadikan hunian ini sejuk dan nyaman.