Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
cara membersihkan sofa
Sumber : Bassett Furniture

Sofa termasuk salah satu jenis furnitur yang paling penting untuk ruang tamu. Karena itu kehadiran sofa hampir tak pernah absen. Dan menghadirkan sofa yang bersih dan nyaman menjadi sebuah kewajiban yang tidak bisa dihindari. Tapi karena ukurannya yang besar, pasti ada cara membersihkan sofa yang sering dilewatkan oleh Sobat Rooang kan?! Kira-kira, apakah langkah membersihkan sofa yang selama ini dilakukan sudah tepat? Yuk, sama-sama kita temukan jawabannya di sini.

Cara membersihkan sofa wajib memperhatikan bahan materialnya

Sudah pasti keberadaan sofa, membuat kita jadi lebih nyaman untuk berkumpul sambil duduk dan mengobrol dengan asyik di ruang keluarga. Sehingga mengoptimalkan fungsi sofa untuk ruang tamu sangatlah penting. Bukan hanya mempercantik ruang tamu secara visual, secara tak langsung keberadaan sofa juga bikin ruang tamu jadi lebih terasa hangat dan bisa memberi kesan hangat. Agar Sobat Rooang pun dapat mengoptimalkan fungsi sofa untuk ruang tamu, ada hal yang perlu diperhatikan. Salah satu faktornya adalah masalah soal kebersihan.

cara membersihkan sofa
Sumber: katiemonkhouseinteriordesign

Soal kebersihan sofa ada satu hal yang harus Sobat Rooang lakukan yaitu, memperhatikan tentang bahan materialnya. Biasanya sih sofa berbahan kain memang agak tricky sih cara membersihkannya. Namun bukan berarti cara membersihkan sofa berbahan kain itu susah, asal Sobat memahami jenis bahan sofa yang digunakan pasti mudah untuk membersihkan sofa yang dimiliki.

Inilah cara membersihkan sofa yang benar

Setelah mengenal bahan material sofa yang dibersihkan, ini dia nih rentetan proses pembersihan sofa yang bisa Sobat Rooang lakukan di rumah.

cara membersihkan sofa
Sumber : theroomplace
cara membersihkan sofa
Sumber : Cleaning Business

Pertama-tama, sebelum menggunakan bahan atau produk pembersih sofa kain apa pun, singkirkan kotoran dan debu di seluruh permukaan sofa dan kursi. Sobat bisa memakai lap, kemoceng, sikat berbulu halus, atau mesin pengisap debu dengan ujung berbulu agar tidak merusak bahan pelapis sofa.

cara membersihkan sofa
Sumber : instructables

Lalu gunakan tisu basah atau kain mikrofiber yang telah dibasahi dengan sedikit cuka untuk mengelap bercak atau noda. Tapi, tes terlebih dulu bahan atau produk pembersih yang akan digunakan di bagian kecil yang tersembunyi sebelum memakainya pada seluruh permukaan sofa.

cara membersihkan sofa
Sumber : Home

Kemudian pakai kain mikrofiber yang dibasahi larutan detergen untuk membersihkan kain penutup sofa secara perlahan. Diamkan beberapa saat agar kandungan larutan detergennya bekerja mengatasi kotoran di bawah permukaan sofa. Oh iya Sobat, jangan membasahi kain mikrofibernya terlalu banyak. Cukup dibasahi sedikit supaya kain mikrofibernya lembap, ya!

cara membersihkan sofa
Sumber : rupeshsoft

Setelah beberapa saat, lanjutkan proses membersihkan sofa dengan mengeringkan permukaan sofa menggunakan pengering rambut. Atau jika memungkinkan diamkan saja sofa supaya bisa mengering dengan alami, meski lumayan memakan waktu lama.

Dari langkah-langkah di atas, manakah yang sering terlewat oleh Sobat Rooang?