Reading Time: 2 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
Sumber : studiotonton

Gaya minimalis sudah tidak diragukan lagi kepopulerannya di dunia arsitektur dan desain. Pesona desain minimalis yang sederhana mampu memikat banyak orang di duna ini. Sudah pasti, banyak banget Sobat Rooang yang menjadi penggemar dari konsep desain minimalis. Nah, untuk hal ini ternyata penggunaan konsep minimalis harus dimulai dulu dari bagian fasadnya. Sebab fasad adalah wajah hunian, jadi Sobat Rooang perlu tahu kan apa saja ciri-ciri dari fasad rumah minimalis ini. Apa saja ciri-ciri dari fasad rumah minimalis yang harus diketahui?

Fasad rumah minimalis itu selalu geometris

Di Indonesia rasanya tidak sulit menemukan arsitektur rumah minimalis. Umumnya arsitektur rumah minimalis ini digunakan untuk rumah-rumah yang berada di tengah kota. Konsep minimalis ini fokus pada desain bangunan yang memenuhi kebutuhan dasar si penghuni rumah, dengan bentuknya yang geometris.

fasad rumah minimalis
Sumber : archdaily

Bentuk geometris ini tidak hanya diaplikasikan dalam desain interiornya saja, namun juga diaplikasikan dalam bagian eksteriornya. Seperti yang kita ketahui, definisi dari arsitektur minimalis itu adalah tipe arsitektur yang elemen-elemen pada desainnya didasari oleh frasa less is more.

Fasad rumah minimalis selalu dihadirkan dengan dekorasi yang minim

Konsep simplicity ini diwujudkan lewat bentuk geometris dasar yang simpel dan elemen-elemen sederhana dengan dekorasi yang paling minimal. Bahkan jika dilihat dari luar, rumah minimalis hanya memiliki bentuk geometris seperti persegi panjang atau kubus. Dan atapnya juga tidak berbentuk segitiga, melainkan berbentuk datar. Meski begitu fasad hunian minimalis tetap mampu tampil cantik, kok!

fasad rumah minimalis
Sumber : loversiq

Pada contoh di atas misalnya, fasad arsitektur rumah minimalis dibiarkan polos dan hanya dilapisi oleh cat berwarna putih. Bagian jendela juga tidak memiliki detail yang rumit. Hanya ada jendela berbentuk persegi dengan bingkai sederhana, namun tahan lama dan bisa melindungi kaca jendela.

Selalu menggunakan material sederhana

Meski penggunaaan material sederhana dan repetisi struktur bangunan selalu terlihat teratur, tapi tetap tidak menghilangkan kehilangan kualitas desain rumah itu sendiri loh!

fasad rumah minimalis
Sumber : architecturaldigest
fasad rumah minimalis
Sumber : Agen Ceoneheart

Penggunaan kaca besar tanpa dekorasi di fasad hunian minimalis lazim digunakan untuk mempermudah cahaya alami masuk ke dalam ruangan. Sehingga meski terlihat sederhana, namun fungsi bagian dalam hunian tetap maksimal, Sobat.