Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
mendesain balkon
Sumber : Pinterest

Jika kebanyakan desain balkon hunian itu terbuka, maka mungkin Sobat bisa mencoba untuk membuat sesuatu yang baru dengan cara mendesain balkon secara tertutup. Namun sebelum memulai untuk mendesain balkon yang tertutup, sebaiknya Sobat Rooang coba perhatikan hal-hal berikut ini deh. Apa saja sih, hal-hal penting yang tidak boleh terlewatkan jika ingin membuat desain balkon yang tertutup?

Mendesain balkon yang tertutup itu wajib memperhatikan arah sinar matahari

Setiap proses perancangan balkon itu para desainer ingin sang pemilik rumah untuk bisa menikmati keindahaan sunrise dan sunset, maka hal yang sama juga wajib diperhatikan sebelum mendesain balkon yang bermodel tertutup.

mendesain balkon
Sumber : escortcanakkale

Soalnya meski bermodel tertutup, area balkon tetap harus memberikan suasana cerah pada hunian.

Pemilihan material penutup area balkon

Karena ingin membuat desain balkon yang tertutup, maka pemlihan material penutup harus diperhatikan dengan benar.

mendesain balkon
Sumber : Pinterest
mendesain balkon
Sumber : 100interiordesign

Dengan tujuan yang ingin tetap membuat area balkon terasa cerah dan lapang, pemakaian kaca sebagai penutup area balkon sangat sesuai untuk kebutuhan tersebut. Apalagi dengan dinding penutup kaca, Sobat bisa juga meletakkan material kaca ini di bagian atap balkon sehingga muncullah elemen skylight. Sebab, area balkon yang tertutup juga sangat membutuhkan aspek pencahayaan dan penghawaan yang maksimal.

Ketinggian pagar balkon

Meski desain balkon tertutup, bukan berarti tidak butuh pagar atau railing balkon kan? Secara keseluruhan desain ruangan balkon yang tertutup juga masih tetap membutuhkan pemilihan pagar atau railing balkon dengan ketinggian yang tepat, Sobat Rooang.

mendesain balkon
Sumber : Architecture Art Designs
mendesain balkon
Sumber : Imswebtips

Hal itu dilakukan supaya tetap dapat menjaga keamanan Sobat Rooang ketika sedang berada di area balkon.

Yang harus diperhatikan sudah pasti sistem konstruksi harus benar

Setiap akan membangun sebuah rumah, sudah pasti soal sistem konstruksi ini menjadi fokus utama yang harus diperhatikan. Apalagi ketika Sobat Rooang ingin membangun rumah berlantai dua lengkap dengan balkon, maka yang harus diperhatikan ya soal sistem konstruksinya.

mendesain balkon
Sumber : classicironworks

Soalnya, balkon ini ternyata memiliki struktur bangunan tersendiri yang membuat balkon tidak menyatu dengan bangunan utama, melainkan seperti menempel pada bangunan utama.

mendesain balkon
Sumber : maxfrank

Tahap pembangunan balkon dimulai dari bawah hingga ke atas. Sebelum dibangun, terdapat beberapa jenis material yang wajib diinstal terlebih dahulu. Salah satunya adalah joists dan beam system. Setelah semuanya struktur balkon dibangun, kemudian baru dibangun bagian lantai balkon. Setelah selesai membangun lantai balkon, langkah selanjutnya adalah memasang railing. Jika kedua bagian ini sudah terpasang sempurna, diamkan selama 1 hari agar struktur balkon serta elemen semen sebagai perekat menjadi kuat dan mengering sempurna.