Reading Time: 5 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
terlalu-banyak-aksesoris-dan-motif

Rooang.com | Pernahkah Anda merasa dekorasi rumah terlihat kurang pas? Rasa-rasanya Anda sudah memilih berbagai benda yang bagus dan menarik dengan kualitas tinggi. Bahkan sejak awal Anda sudah membuat daftar berbagai barang unik dan cantik untuk diletakkan di rumah baru. Namun, seperti ada yang kurang dengan perpaduan berbagai furniture dan dinding di sana. Anda sudah mencari berbagai pajangan menarik dari toko dan pameran, tetapi jadi terlihat aneh setelah dipajang di rumah. Bisa jadi, Anda melakukan salah satu atau beberapa kesalahan dekorasi rumah.

Letak permasalahan Anda mungkin bukan pada keindahan setiap barang yang Anda letakkan di rumah. Anda boleh membeli barang yang menarik, terlihat unik dan chic, bahkan barang bernilai seni tinggi. Sayangnya, tidak semua barang yang dipilih bisa menciptakan keharmonisan. Beberapa kesalahan di bawah ini jangan sampai Anda lakukan, jika ingin membuat nuansa yang serasi dan harmonis di setiap ruangan.

keseimbangan proporsi

Kesalahan proporsi Kesalahan proporsi paling sering terjadi. Proporsi adalah hal yang harus dipertimbangkan. Motif, warna, dan ukuran bisa merusak suasana jika jumlahnya terlalu banyak atau terlalu sedikit. Anda boleh menggunakan sofa motif bunga, bantal sofa dengan berbagai corak dan gambar, korden model terbaru yang bermotif indah, maupun karpet bernilai seni tinggi. Namun, Anda wajib mempertimbangkan jumlahnya. Selain itu, sebaiknya Anda tidak menempatkan motif bunga yang penuh dan berbeda antara sofa besar dengan korden di ruangan yang sama. Ada baiknya jika Anda memilih salah satu saja untuk diberi motif bunga. Terlalu banyak motif akan memberi kesan penuh dan ramai.

Sama halnya dengan motif, Anda tidak perlu terlalu banyak menaruh barang dan aksesoris di ruang yang sama. Rasanya seperti akan sulit bernafas di ruangan yang sesak. Terkadang Anda ingin menunjukkan semua koleksi barang cantik yang dimiliki di ruang tamu. Sayangnya, hal ini bisa membuat ruang tamu Anda terlihat seperti toko atau bahkan gudang. Kombinasi warna merupakan salah satu trik agar ruangan terasa lebih segar dan enerjik. Tetapi, mengaplikasikan terlalu banyak warna pada tempat dan ruangan yang sama adalah suatu kesalahan. Maksimal Anda bisa menggunakan 3 warna. Jika menginginkan lebih banyak, pastikan hanya sebagian warna yang dominan.

perpaduan konsep yang seimbang

Memadukan lebih dari dua konsep Kesalahan dekorasi yang kedua adalah perpaduan konsep yang asal. Apa yang Anda rasakan ketika melihat desain-desain menarik dari internet dan majalah? Biasanya Anda akan tertarik pada semua desain tersebut dan ingin menerapkannya di rumah. Kesalahan pun terjadi ketika Anda ingin mencoba perpaduan konsep, misalnya modern dengan minimalis, minimalis dengan etnik, atau modern dengan oriental. Anda bisa saja memadukan berbagai konsep yang berbeda. Bahkan, Anda bisa menentukan konsep yang berbeda di setiap ruangan. Sayangnya, Anda terkadang ingin merasakan semua suasana di satu ruangan. Memadukan terlalu banyak konsep di ruangan yang sama malah akan membuat ruangan tersebut tidak teratur.

kecil tapi nyaman

Ukuran barang tidak sesuai dengan tempatnya Kesalahan berikutnya masih berhubungan dengan proporsi, yakni ukuran barang atau furnitur. Selalu pastikan setiap barang yang Anda beli akan pas diletakkan di rumah. Barang yang terlalu besar atau terlalu kecil selain akan mengganggu pemandangan, juga membuat pemanfaatan ruang menjadi tidak efisien. Sofa dan meja yang besar memang terlihat nyaman saat Anda menemukannya di toko meubel. Tetapi ukuran besar belum tentu pas di ruang tamu dengan ukuran hanya 3m X 4m. Ukuran ubin lantai pun harus menyesuaikan ukuran ruangan: ubin besar untuk ruangan yang luas dan ubin kecil untuk ruangan yang sempit.

Pengaturan ukuran juga harus diperhatikan saat Anda hendak meletakkan sejumlah furnitur di sisi dinding yang sama. Sofa besar di samping kabinet besar akan terlihat seperti 2 orang gemuk yang duduk di 1 kursi. sesak sekali. Letakkan barang yang ramping seperti meja dengan kaki berbahan metal atau lampu berdiri.

faktor cahaya, ukuran, dan tata letak

Hanya fokus pada furnitur dan aksesoris Ini adalah kesalahan penataan yang biasanya terjadi pada perempuan yang gila mata. Saat Anda melihat gambar desain dari internet maupun majalah, yang menarik perhatian hanyalah furniture dan aksesoris. Untuk mencontoh keindahannya, Anda membeli beberapa furniture dan aksesoris yang sama, tanpa memperhatikan ukuran, pencahayaan, dan kondisi ruangan. Padahal, keindahan rumah tidak hanya ditentukan pada furnitur dan aksesoris apa yang Anda beli. Semua barang tersebut akan berpadu dengan indah jika sesuai dengan pencahayaan dan cat dinding. Selalu pastikan ruangan Anda mendapatkan cahaya yang cukup, baik siang maupun malam hari. Jangan meletakkan barang yang bisa menghambat keluar masuknya udara di ruangan, misalnya menggantung lukisan di rongga ventilasi. Tapi, jangan pula terlalu banyak memberikan cahaya dan udara. Batasi jumlah cahaya yang masuk dengan pemanfaatan korden. terlalu banyak cahaya justru membuat sebagian barang terlihat kurang bagus.

vintage gothic

Tidak memperhatikan tema Kesalahan ini juga sangat sering terjadi. Membeli barang yang diinginkan terkadang akan menjadi hal yang disesali. Barang tersebut mungkin malah merusak suasana dan tema ruangan yang sudah ada. Selain kerugian finansial, ruangan pun jadi terlihat kurang menarik. Untuk itu, sebelum membeli barang, tanyakan beberapa hal berikut ini pada diri sendiri: bagian mana yang memerlukan tambahan dekorasi? Warna apa yang mendominasi? Suasana bagaimana yang ingin diciptakan dalam ruangan? Apakah barang yang akan dibeli bisa memperindah ruangan tersebut? Jawaban-jawaban dari pertanyaan tersebut akan membantu Anda tetap berada pada jalur dan tema, sehingga ruangan terasa lebih nyaman.

Di sisi lain, ketika bersemangat pada tema tertentu, seseorang cenderung overdosis dan memilih properti serba tema. Terlalu banyak menaruh barang yang menggambarkan tema justru membuat ruangan terlihat aneh. Misalnya ketika memilih tema suasana pantai untuk kamar tidur, tidak perlu dengan memilih korden bermotif pohon kelapa, stiker dinding gambar hewan-hewan laut, sprei warna-warni, ataupun meja rias yang penuh berbagai aksesoris tema pantai. Cukup letakkan beberapa cangkang kerang warna putih yang dibingkai pada salah satu dinding, misalnya di atas ranjang. 2 atau 4 pernak-pernik kecil sudah cukup menunjukkan tema ruangan tersebut.

ketepatan proporsi dalam dekorasi

Asal meletakkan barang Kesalahan dekorasi rumah terakhir yang masih sering dilakukan para pemilik rumah adalah asal meletakkan barang. Cara Anda meletakkan barang bisa memberikan dampak signifikan pada keindahan ruangan. Faktanya, Anda tidak bisa hanya meletakkan barang di space yang dianggap cukup atau masih kosong. Lukisan dan foto yang digantung misalnya, harus diletakkan dengan ketinggian yang tepat, tidak terlalu ke bawah atau terlalu ke atas. Jika di bawah lukisan tersebut ada sofa yang diletakkan merapat ke dinding, berarti lukisan harus digantung pada ketinggian lebih sedikit dari jarak tengah antara bagian atas sofa dengan langit-langit. Peletakan seperti ini seringkali memang lebih mengandalkan intuisi untuk menemukan titik yang pas.

Jadi, kesalahan manakah yang biasanya Anda buat? Jangan khawatir. Belajar dari kesalahan adalah langkah bijak untuk mengetahui kebenaran. Tidak perlu membuang atau tergesa-gesa menjual kembali barang-barang yang pernah Anda beli. Simpan barang-barang yang merusak dekorasi tersebut di gudang, karena siapa tahu suatu saat nanti Anda ingin berganti suasana interior rumah.

sumber: http://www.oprah.com http://www.hgtv.com http://www.housebeautiful.com http://freshome.com

9 COMMENTS