Reading Time: 2 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
Arjes-Kitchen-Ayos-Purwoaji-1

Rooang.com | Mendesain sebuah bangunan, tentu mempertimbangkan keadaan dan kondisi di sekitarnya. Bila hawa di sekelilingnya panas, biasanya pemilik bangunan akan menambah pendingin agar menjaga suhu ruangan tetap nyaman. Tapi, apakah pendingin ruangan adalah satu-satunya solusi agar tetap merasa nyaman di negeri tropis yang kaya sinar matahari ini?

Arje’s Kitchen berangkat dari gagasan tersebut. Pemilik kafe ini sadar betul, menambah pendingin ruangan hanya akan membebani atmosfer bumi dan meningkatkan kebutuhan listrik bulanan. Sedangkan konsep Arje’s Kitchen adalah warung yang ramah lingkungan dan ramah bagi kantong mahasiswa.

Sang pemilik pun menyiasati masalah tersebut dengan merancang sebuah bangunan kafe yang memiliki tipologi arsitektur tropis.

Dari depan, sebetulnya tidak ada yang terlalu istimewa dari bangunan ini. Namun, fungsi dari bangunan ini baru bisa dirasakan ketika berada di dalam. Meski tanpa pendingin ruangan namun interior Arje’s Kitchen tidak panas dan lembab. Kenyamanan Arje’s Kitchen tercipta berkat sirkulasi udara yang sangat baik. Udara dapat keluar masuk dengan mudah melalui struktur atap yang tinggi dan sebagian besar fasad Arje’s Kitchen yang bersifat terbuka. Tidak adanya pemisah yang rigid antara lantai satu dan dua membuat udara tropis dapat melewati sela-sela bangunan, sehingga penghawaan di bangunan ini berjalan sangat baik.

Arjes Kitchen - Ayos Purwoaji 4

Arjes Kitchen - Ayos Purwoaji 5

Di salah satu bagian dinding, sang perancang menggunakan roster yang berfungsi sebagai dinding sekaligus lubang angin. Pada dinding lainnya, interior dihiasi oleh aplikasi dinding lukis bergaya pop art dan low poly art. Lukisan berwarna tersebut sekaligus menjadi emphasis dari interior kafe yang didominasi warna putih.

Arjes Kitchen - Ayos Purwoaji 3

Arjes Kitchen - Ayos Purwoaji 2

Prinsip arsitektur tropis lainnya yang digunakan adalah memanfaatkan sinar matahari sebagai penerangan. Sang perancang mengaplikasikan jendela kaca putar agar udara dan sinar matahari dapat masuk secara bersamaan. Sang perancang juga mengoptimalkan bukaan di setiap sudut bangunan sehingga tak perlu menyalakan lampu pada siang hari. Penerangan alami seperti ini membantu penghematan energi cahaya buatan dan menekan pengeluaran bulanan, membuat harga di Arje’s Kitchen tetap ramah bagi kantong mahasiswa.