Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
Design-bedroom-design-living-room-design-kitchen-design-bathroom

Rooang.com | Anak-anak adalah segalanya bagi orang tua. Setiap orang selalu menginginkan yang terbaik bagi buah hati tercinta. Sayangnya, usia yang masih dini membuat balita sering tidak memahami lingkungan sekitarnya dan mengalami resiko akibat salah bersinggungan dengan benda-benda di sekeliling. Lalu apa yang bisa Anda lakukan? Setidaknya, sediakan zona nyaman dan aman untuk tumbuh kembang mereka di rumah. Mendekorasi kamar balita dengan pilihan warna dan furnitur yang aman merupakan salah satu langkah untuk melindungi mereka di tengah perkembangannya.

Tema bermain dan belajar

Usia dini merupakan masa emas tumbuh-kembang otak manusia. Untuk itu, memaksimalkan aktivitas balita dengan bermain dan belajar merupakan langkah yang paling penting. Tentukan tema yang menarik untuk kamar si buah hati, misalnya: kebun binatang, cita-cita dan profesi, dunia air, taman bermain, dan sebagainya. Dengan menentukan tema, Anda bisa lebih tahu benda dekorasi dan model barang seperti apa yang perlu dibeli. Untuk menunjang tema dan mempercantik kamar balita, hiaslah dinding dengan stiker-stiker lucu dan karpet cantik yang bisa didapat di toko-toko.

furnitur aman di kamar balita

Furnitur aman

Jangan sampai salah memilih furnitur. Furnitur yang sesuai untuk balita tidak boleh memiliki ujung dan sudut yang runcing. Bahannya pun harus halus, sehingga Anda tidak boleh memilih yang bertekstur kasar. Anak-anak balita umumnya senang memanjat dan melompat. Untuk itu, sediakan furnitur yang kuat, yang tidak roboh jika sewaktu-waktu anak Anda memanjatnya. Jangan meletakkan barang berbahan kaca dan berat di atas kabinet karena bisa melukai si kecil.

Pintu dan jendela

Pintu dan jendela merupakan media untuk menerima cahaya dan udara segar. Lapisi jendela dan angin-angin dengan kasa nyamuk agar anak-anak terhindar dari penyakit demam berdarah, malaria, ataupun cikungunya. Gunakanlah model jendela casman, bukan jendela swing. Jendela swing berbahaya jika anak-anak mulai memanjat dan keluar ruangan. Sebaiknya Anda tidak memasang teralis di jendela. Teralis menghalangi upaya keselamatan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

kamar dan arena bermain

Alat permainan

Saat ini banyak mainan bayi yang mengandung zat-zat berbahaya, mulai dari material, pewarna yang digunakan, sampai pada kemasan. Pilihlah mainan yang tidak mengandung debu putih, karena debu putih tersebut biasanya merupakan sisa dari bahan kimia yang digunakan dalam memproduksi mainan. Perhatikan pula semua label yang ada di kemasan. Akan lebih baik lagi jika Anda bisa memilih mainan yang edukatif, misalnya Jenga, Lego, stacking ring, dan berbagai mainan kayu yang bisa menunjang perkembangan otak dan fisik buah hati. Jangan lupa untuk menyiapkan rak mainan sehingga kamar anak selalu terlihat rapi.

Suhu ruangan

Anak-anak balita rentan terkena berbagai jenis penyakit. Salah satunya adalah faktor temperatur udara. Atur suhu ruangan tidak kurang dari 20 derajat celcius. Lapisi lantai dengan karpet yang tebal dan hangat untuk menjaga anak-anak dari demam.

warna dinding dan lantai kamar balita

Permukaan lantai dan dinding

Meskipun ruangan berisi berbagai macam barang, lantai dan dinding tetap merupakan pemandangan yang mendominasi. Untuk menunjang pertumbuhan si kecil, sebaiknya pilihlah warna yang lembut untuk lantai dan dinding. Jangan gunakan warna-warna yang terlalu cerah karena akan menyakitkan mata. Pastikan permukaan dinding halus. Jangan biarkan permukaan dinding kasar, karena akan membuat sakit kulit yang tergesek dinding tersebut. Saat ini juga telah tersedia cat-cat dinding yang bisa dengan mudah dibersihkan, sehingga Anda tidak perlu khawatir saat si kecil belajar menggambar di tembok.

Dari berbagai sumber

1 COMMENT