Reading Time: 4 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
model-niche-simple

Rooang.com | Ceruk di dinding biasa disebut juga dengan niche. Cerukan ini memang sengaja dibuat sebagai bagian dari dekorasi rumah. Di zaman sekarang, ceruk dinding memang lebih sulit ditemui di rumah-rumah, karena untuk membuatnya diperlukan dinding yang tebal, seperti dinding rumah masa kolonial. Namun demikian, ceruk-ceruk indah ini masih bisa ditemukan di berbagai bangunan, terutama perhotelan.

Apa fungsinya?

Pada awalnya, ceruk dinding berfungsi sebagai unsur dekoratif. Pada zaman dahulu, rumah-rumah model klasik dari Barat memiliki dinding penuh dengan bentuk garis, oval, dan melengkung. Sama sekali tidak flat. Hal ini menciptakan keindahan tersendiri. Ceruk dinding berfungsi untuk meletakkan berbagai pajangan seperti patung dan guci. Kini, ceruk dinding berfungsi menambah keindahan sekaligus meletakkan perkakas, mulai dari buku, piring hias, vas bunga, botol-botol dekoratif, sampai berbagai macam koleksi bahkan televisi. Ceruk ini membuat dinding rumah Anda tampil beda. Dengan cerukan, ruangan terlihat lebih rapi dan luas.

niche rak buku built in

Bagaimana bentuknya?

Ceruk dinding bergaya klasik berbentuk persegi panjang dengan bagian atas berupa setengah lingkaran. Bagian bawah atau alasnya menonjol keluar dengan bentuk oval dan berukir. Kini, ceruk dinding lebih banyak ditemukan dalam bentuk yang lebih minimalis. Cerukan persegi dan persegi panjang dengan berbagai ukuran dibuat untuk mempercantik dekorasi bangunan. Bahkan beberapa di antaranya memiliki ukuran cukup besar untuk memajang gitar dan patung setinggi lebih dari 1,2 meter.

niche up-bottom

Dalam arsitektur luar negeri, ceruk dinding juga bisa berupa sudut kecil dalam ruangan yang menjorok agak dalam, lalu dimanfaatkan sebagai rak, kabinet, dan meletakkan berbagai benda, termasuk membuat ruang kerja dan ruang santai mini.

work space niche

Bagaimana cara mendekorasi ceruk dinding?

Untuk ceruk yang berukuran besar, Anda bisa meletakkan sebuah bangku dengan alas duduk empuk, dilengkapi sebuah rak buku di bagian atas. Jadilah sebuah ruang santai untuk membaca. Letakkan sebuah meja kerja/belajar dan bangku. Jadilah sebuah ruang kerja/belajar. Hias sesuai keinginan atau lihat tips dekorasi meja kerja.

Untuk ceruk dinding dekoratif yang berukuran biasa, ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk membuatnya tampil menawan.

  • Hiasi dengan lampu, sehingga berbagai benda yang anda letakkan bisa terkespos dengan indah.
  • Berikan warna cat berbeda di setiap ceruk agar tampak lebih ceria dan hidup.
  • Hiasi dengan wallpaper.
  • Jangan jadikan ceruk sebagai tempat ‘nyampah’ alias menaruh barang sembarangan.
  • Hiasi dengan ubin batu alam di bagian latar belakang.
  • Perjelas fungsinya: apakah untuk meletakkan buku-buku, meletakkan benda koleksi, sekadar unsur dekoratif, atau semuanya, atau untuk lainnya.
  • Terkadang orang membeli rumah dengan satu atau beberapa ceruk kecil yang entah bisa digunakan untuk apa. Jika tidak tahu harus bagaimana cara mendekorasi niche yang sudah ada di rumah yang baru dibeli, buatlah ia tak terlihat. Mengecatnya dengan warna yang sama dengan dinding di sekitar atau mengkamuflasekannya dengan gantungan dinding.

dekorasi niche

Bagaimana membuatnya?

Berdasarkan ukurannya, secara umum ceruk bisa dibuat dengan 2 cara. Pertama, membuat ceruk kecil untuk meletakkan pajangan atau perkakas ukuran kecil. Untuk ini, Anda perlu menyiapkan rongga di dinding sesuai ukuran yang diinginkan. Cara pertama ini mengharuskan Anda memiliki dinding yang cukup tebal. Sebagian orang di luar negeri membuat dinding interiornya dari papan plasteran yang bentuknya hampir seperti triplek. Dinding ini mudah dipotong dan dibuat rongga. Untuk membuat niche, mereka cukup menciptakan jarak yang lebih lebar antara lapisan papan plaster, lalu buat cekungan persis seperti membuat rak atau almari kayu.

Kedua, membuat dinding berbelok. Maksudnya, buatlah ruangan Anda berbentuk seperti huruf ‘L’ atau ‘U’. Di beberapa bagian, ada dinding yang menjorok. Di sini nantinya Anda bisa meletakkan sebuah meja kecil dan vas, tempat duduk, dan benda lain yang ukurannya sesuai.

Adakah cara praktis membuat ceruk dinding?

Cara yang paling praktis tanpa Anda perlu repot membuat sendiri adalah dengan membeli ceruk siap pasang yang banyak dijual. Untuk model klasik atau kuno berbahan campuran pasir, biasanya dijual di tempat pembuatan perkakas taman (yang menjual air mancur, kolam, dan pot ukuran besar). Untuk model minimalis, Anda bisa browsing di internet atau tanyakan pada konsultan interior.

niche instan

niche dekoratif

niche eksterior

niche rak buku

Anda memiliki rumah dengan dekorasi ceruk yang cantik? Atau memiliki foto dekorasi ruang dengan ceruk dinding? Share yuk, di Rooangku.