Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
Retaining-Wall-8

Rooang.com | Lahan yang berkontur akan menimbulkan kendala dalam mendesain dan membangun hunian. Namun, di samping kelemahannya tersebut, lahan berkontur memiliki kekuatan di bagian estetika. Cara untuk menciptakan estetika tersebut adalah dengan cara membuat retaining wall.

Retaining wall adalah salah satu elemen yang sering dibuat pada lahan berkontur dan merupakan dinding penahan yang berfungsi untuk menahan, membatasi dan menstabilkan permukaan tanak yang berbeda level. Selain itu, retaining wall juga berfungsi untuk memberikan sentuhan estetis pada ketinggian muka tanah yang berkontur. Dengan demikian, area tersebut akan aman dari erosi kecil.

Retaining Wall 6

Saat menyusun retaining wall, perhatikan resapan dan saluran air di bagian bawah dinding penahan agar kestabilan dan kelembaban tanah tetap terjaga. Bila perlu, gunakan urukan kerikil atau pipa saluran air di bagian bawahnya. Jika tanah yang akan ditahan terlalu tinggi, buatlah beberapa tingkat dinding penahan.

Sangat penting memilih material retaining wall sebagai pertimbangan untuk menciptakan komposisi dan estetika yang menyeluruh dengan rumah. Beberapa material yang umum digunakan untuk membuat retaining wall antara lain adalah batu, kayu, dan beton.

Retaining Wall 7

Masing-masing material memiliki kelebihan dan kekurangan. Retaining wall yang disusun dari batu alam memiliki karakter natural. Penggunaan ukuran batu alam yang beragam akan membuat tampilan retaining wall semakin menarik. Namun, proses pembuatan dinding penahan dari susunan batu alam terbilang cukup sulit, karena harus menyesuaikan ukuran batu satu dan yang lain agar permukaan terlihat rata dan estetis. Dinding penahan batu memiliki kekuatan yang besar dan dapat digunakan untuk struktur yang tinggi. Untuk merekatkan batu alam tersebut, biasanya digunakan acian semen.

Berbeda dengan batu alam, retaining wall kayu biasanya digunakan di tanah berkontur landai. Kayu tak cukup kuat sebagai penopang dinding yang tinggi. Supaya fungsi pertahanannya maksimal, pasanglah balok-balok penopang di konstruksinya. Dan, karena berada di luar ruangan, maka pilihlah kayu yang tahan cuaca dan tambahkan lapisan anti air.

Retaining Wall 4

Retaining wall yang terbuat dari beton memiliki kekuatan yang hampir setara dengan batu alam, namun membutuhkan biaya yang lebih banyak. Agar tidak terlihat terlalu simpel, Anda dapat memberikan lapisan batu alam sebagai pelengkap estetis.Retaining Wall 5

Retaining Wall 3

Beberapa material lain yang dapat digunakan sebagai retaining wall adalah paving block, grass block dan dinding roster (vent block). Kedua material tersebut menjadi pilihan alternatif untuk menyusun retaining wall karena bentuknya yang simetris dan presisi. Bila tekanan tanah tidak terlalu kuat, paving block dapat diaplikasikan tanpa perekat.

Retaining Wall 1

2 COMMENTS

  1. I think he’d be wages my record this travel pea had a chance to record it what’s the best blog stage where press is the best blog stage to use period what areas did you say to me in the snappy outline on your website page uh… they Weber site get reaction website I’d contact page in what limit might you program or make the pages for the up so sister click bank helped with that uh… those are isolated pages simply like your webpage at this its own specific remarkable page those are specific pages on your site page and once.
    For more Information click below>>>>>>>
    http://millionaireblueprintscam.com/

  2. I set up three things on eBay three days a while later was thing sold rage part I will always remember genuinely it was a blue isolated cooking pot I made eleven dollars on this the measure of cash you comprehend what fun is incomprehensible yet that wasn’t all around key I mean Elite Book am I out of the blue comprehended this works accordingly financial warm thing in three days hundreds unsold thousands and a while later and bass at without a doubt the pivotal level it’s to finished I guarantee you presentation now is another motivation behind why I’m moved into DS and %uh you just truly become more acquainted with about when you’re within OK you.
    For more Information click below>>>>>>>
    http://centumentltdscam.com/