Reading Time: 2 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
lenmarc-950x300

Rooang.com | Hingga saat ini, sarana transportasi yang melayani kebutuhan pergerakan orang di Kota Surabaya dan sekitarnya terbatas pada mikrolet/lyn, bus kota, komuter, dan kereta api. Peningkatan penggunaan di kendaraan pribadi menambah volume kendaraan yang melalui jalan-jalan di kota dan tentu menyebabkan masalah kemacetan terutama pada jam puncak. Sampai saat ini, upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah kemacetan adalah untuk memperpanjang panjang jalan oleh jalan baru terbuka yang menghubungkan CBD (Central Bisnis Disctrict) dan pusat kegiatan lainnya.

Sudah sejak tahun 2012-an kota Surabaya merencanakan moda transportasi massal berbasis rel, yaitu monorail dan trem. Tidak ingin terbelit dengan kemacetan karena pertumbuhan kendaraan pribadi yang tidak terkontrol, perencanaan monorail dan trem telah dilaksanakan jauh-jauh hari. Walau memang kemacetan kota Surabaya belum separah kota-kota besar lainnya di Indonesia, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, menargetkan bahwa moda transportasi massal ini akan mulai dibangun pada tahun 2015. Bu Risma, panggilan akrab Wali Kota Surabaya, memprediksi proyek konstruksi akan selesai dalam dua tahun. Dengan demikian, pada tahun 2017 kita sudah dapat melihat monorail dan trem melintang di kota Surabaya.

Untuk monorail, akan menghubungkan sisi barat dan timur Surabaya, dimulai dari kampus UNESA di kawasan Lidah Wetan menuju ke kampus ITS dengan depo di Keputih. Sedangkan untuk trem, akan bergerak dari utara ke selatan, dari kawasan Tugu Pahlawan ke Joyoboyo.

Sembari menunggu datangnya monorail dan trem, mari kita mengintip desain monorail dan trem sambil membayangkannya melintasi kota Surabaya.

SuroTram

wonokoyo-view-1-950x300

TRAM-on-BANDO-JALAN_15-Feb-2013-950x300

Surotram-Gubernur-Suryo

basra-1-950x300

bird-eye-darmo-950x300

Boyorail

HR-Muhammad_patung-kuda-950x300

Boyorail-Stasiun-Gubeng-Lama

Boyorail-Galaxy-Mall

Halte-Kejawan-2

sumber: http://smart.surabaya.go.id/