Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
Shabby-Chic-Furniture-in-making

Rooang.com | Furnitur bergaya shabby chic identik dengan material kayu yang dicat dan kesan antik yang selalu melekat. Perabotan di rumah Anda pun juga bisa diubah bergaya shabby chic yang lusuh, mengelupas, dengan warna-warna antik. Simak tip & trik berikut ini.

Trik memalsukan warna kayu

Shabby Chic brown wax

Trik ini digunakan untuk furnitur lama yang sudah dicat dan akan dicat baru lagi dengan konsep shabby chic. Furnitur lama tidak boleh diamplas terlalu keras karena menyebabkan lapisan kayu menjadi tipis. Padahal, butuh tampilan kayu asli yang tertutup oleh lapisan cat lama. Berikut langkah-langkahnya

  • Untuk memalsukan warna kayu, berikan warna cat coklat gelap setelah pengaplikasian cat dasar.
  • Setelah agak kering, gosok-gosokkan lilin ke bagian yang Anda inginkan (bagian yang akan memperlihatkan corak kayu adan cat bagian dalam). Gunakan lilin biasa yang dipakai saat mati lampu. Lalu bersihkan sisa lilin dengan kuas halus. Sapukan secara lembut, jangan sampai lilin hilang dari permukaan.
  • Aplikasikan 2 lapis warna soft paller sebagai top coat, tunggu sampai kering.
  • Kikir lapisan lilin tadi, sehingga top coat mengelupas dan memperlihatkan warna kayu yang palsu tersebut.
  • Secara lembut, bersihkan sisa lilin dengan menggunakan spon cuci piring. Gunakan spon yang keras. (Tahu, kan? Spon cuci piring terdiri atas 2 spon, yang keras dan yang lembut.)

Trik membuat warna antik shabby

drawer 3

Furnitur antik biasanya terlihat agak kekuningan. Untuk menciptakan kesan antik dan shabby, lakukan langkah berikut.

  • Campurkan cat berwarna coklat dengan air sampai encer dengan perbandingan 1:3.
  • Sapukan pada bagian yang diinginkan, lalu segera lap dengan kain bersih.
  • Lakukan sampai semua bagian terlapisi.
  • Tada! Anda mendapatkan tampilan antik dan shabby!

Trik pemilihan cat

Shabby Chic Paint

Para perancang profesional dari luar negeri biasanya menggunakan cat-cat yang sejauh ini belum ada di Indonesia, seperti chalk paint, chalkboard paint, milk paint, spray paint, dan mirror paint. Tapi, beberapa pakar mengatakan bahwa cat berbahan acrylic adalah pilihan tepat untuk menciptakan furniture shabby.

Anda juga tetap bisa menggunakan cat kayu atau besi biasa, tetapi perhatikan juga cat dasar dan campuran yang sesuai. Menggunakan cat kayu akan membutuhkan waktu yang lebih lama karena setidaknya butuh waktu 1 hari untuk pengeringan 1 lapisan cat. Pemilihan cat harus konsisten, cat tembok dengan cat tembok, atau cat kayu dengan cat kayu.

Perhatikan juga komposisi color scheme untuk interior bergaya shabby chic. Biasanya, warna primer yang digunakan adalah putih. Namun, Anda juga dapat berkreasi dengan warna pastel lain seperti warna peach, mint, turquoise, dan sebagainya.

Shabby Color Scheme Rooang

Tip & trik untuk pemula

  •  Pilih properti kayu yang berukuran kecil sebagai proyek shabby chic perdana. Kalau hasilnya kurang pas, Anda tidak merasa terlalu kecewa.
  • Selain butuh selera estetika, pemilihan bagian yang diamplas (yang akan terlihat mengelupas) juga butuh pemahaman. Bagian yang mengelupas tentunya adalah bagian sudut yang mudah tergores dan tergesek, jadi jangan mengamplas berlebihan pada bagian dalam.
  • Jangan lupa melepas handle atau kenop dari furnitur jika hanya ingin mewarnai bagian kayunya saja.
  • Anda juga bisa mengamplas secara kasar untuk memperlihatkan lebih banyak goresan, tapi ini akan menciptakan kesan rustic, bukan lagi shabby. Jadi, pilih cara pengelupasan cat yang tepat untuk setiap tampilan yang ingin didapatkan.
  • Alat-alat untuk menggores cat bisa beragam, mulai dari sikat kawat, steel wool, amplas kertas, amplas mesin, amplas cair, dan aceton. Untuk mendapatkan hasil lebih halus, detail, tidak melukai tangan, dan mudah didapat, Anda bisa menggunakan aceton. Atau bisa juga dengan teknik pelapisan lilin seperti pada trik pemalsuan warna kayu di atas.

Semua orang bisa menciptakan nuansa shabby dalam ruangannya. Anda hanya butuh ketelitian, citarasa seni, dan selera shabby chic.