Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
Vertical-Garden-6

Rooang.com | Siapa bilang rumah mungil tidak bisa punya kebun? Bahkan di rumah yang tidak memiliki halaman atau apartemen pun Anda tetap bisa menanam cabai, tomat, dan berbagai macam tanaman hias. Caranya dengan menanam secara vertikal dan memanfaatkan tempat yang ada seefektif mungkin. Beberapa metode berkebun berikut ini akan memastikan Anda tetap memiliki taman di lahan sempit.

Metode pertama yang bisa dicoba adalah dengan membuat tower garden, yakni teknik menanam secara vertikal hingga menyerupai menara. Saat ini sudah ada alat menanam berupa pot tinggi berbentuk menara yang bisa digunakan sebagai area menanam. Sayur, bunga, ataupun tumbuhan hias ditanam sesuai lubang-lubang yang sudah disediakan. Anda cukup memilih tempat untuk meletakkannya dan merawat tanaman setiap hari.

tower planter

vertical pot 2

Jika sulit menemukan pot menara ini, Anda bisa menggunakan bambu atau pipa PVC ukuran besar. Anda harus menyiapkan lubangnya sendiri. Tapi jika Anda terlalu malas untuk melubangi pipa dan bambu, bisa langsung membuat menara dari pot yang disusun secara vertikal. Praktis bukan?

Menanam secara vertikal juga bisa dilakukan dengan membuat rak tanaman. Nantinya, setiap tanaman disusun berjejer dan vertikal di rak tersebut. Rak bisa dibuat dari bahan kayu, bambu, maupun seng dan besi.

Vertical Garden 5 Vertical Garden 3 Vertical Garden 4

Trellis akan mempercantik tampilan teras dan gerbang pagar rumah. Beberapa jenis tanaman menjalar seperti anggur, sirih, pare, alamanda, atau juga bohemia bisa ditanam di sebuah pot di sebelah trellis. Selanjutnya, tanaman ini akan merambat mengelilingi trellis. Trellis juga bisa digunakan sebagai kanopi di taman belakang ataupun kanopi carport. Hijau, sejuk, dan menangkal sinar matahari.

Vertical Garden 9

Tanaman gantung adalah solusi untuk menciptakan nuansa hijau di tempat yang lebih tinggi. Untuk rumah yang sempit, biasanya sudah tidak ada tempat lagi yang tersisa untuk membuat taman. Menanam bunga dan tanaman hias dalam pot atau tempat bunga yang digantung pun tidak kalah cantik.

hanging garden 2

Selain mempersiapkan ruang dan media tanam khusus, Anda pun bisa meletakkan tumbuhan di tempat-tempat yang masih longgar, selama tidak mengganggu aktivitas, misalnya di kusen jendela, tepi jendela, tangga, dan dinding. Agar lebih hemat dan ramah lingkungan, gunakan saja kaleng-kaleng dan botol bekas.

small space garden 2

Bagaimana dengan Anda? Bila ada ide-ide lain untuk tetap hijau di lahan yang terbatas, silahkan bagikan ide Anda di kolom komentar. Share juga foto-foto menariknya di Rooangku.