Reading Time: 4 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
furnitur-cacat-cantik

Rooang.com | Keindahan identik dengan segala sesuatu yang dipoles sempurna. Furniture yang menarik biasanya dipilih jika benda ini mulus dan tanpa cacat. Tapi, apa jadinya jika para desainer ingin merancang furniture yang tidak mulus?

Ternyata, keindahan itu bisa tercipta dari sesuatu yang tampak buruk. Sejumlah desainer merancang furniture yang bukan saja tidak mulus, tapi juga patah, pecah, keropos, bahkan berupa arang. Seperti apa hasilnya?

Ausgebrannt

Kaspar Hamacher, desainer asal Belgia merancang sebuah stool unik berbahan kayu, namanya Ausgebrannt. Yang membuatnya berbeda adalah stool ini dibakar untuk memperoleh efek burned out yang sebenarnya. Cara membakarnya pun tidak tanggung-tanggung. Stool yang sudah dibentuk ditumpuk dengan kayu lalu dibakar di sela-sela kaki stool tersebut. Membuatnya harus cermat, agar kakinya tidak terbakar seluruhnya dan patah. Hasilnya, permukaan kontras antara luar yang mulus dengan bagian dalam yang kasar dan hitam.

Broken


Jalmari Laihinen juga tidak mau kalah dalam mengeksplorasi keindahan dari hal-hal yang unik. Kali ini karyanya bertajuk Broken menunjukkan bahwa kayu-kayu patah bisa menampilkan sisi cantik tersendiri.Yang menjadikannya cantik adalah serat-serat kayu yang terekspos dari patahannya. Kalau biasanya patahan kayu diamplas dan diperhalus, Laihinen justru menonjolkannya sebagai aksen. Broken terdiri atas berbagai jenis furniture, mulai dari stool, bangku, meja, sampai rak dinding.

Broken Board


Jack Craig menyusun kembali kayu-kayu dari furnitur yang telah rusak untuk dijadikan meja. Sama seperi ide Laihinen, ide Craig juga berniat mengekspos patahan-patahan dari kayu. Lebih dari itu, Craig juga menampilkan polesan lusuh yang dibawa kayu tersebut sebelum di-repurpose. Sementara, bagian atasnya dilapisi dengan serat kaca fiber yang dicetak lepat menutupi serat patahannya. Belakangan, Craig juga membuat model ini dari kayu-kayu baru yang masih fresh (bukan bekas furniture).

Fracture

Itay Ohaly dikenal dengan karya-karyanya yang nyentrik, tapi fungsional. Seniman yang satu ini senang berkreasi menciptakan furniture-furniture unik dengan keindahan yang tidak biasa. Seperti Fracture, karyanya berupa bangku dan kursi yang jika disatukan, akan terlihat biasa. Tapi, ketika bangku itu dipisahkan, akan terlihat seolah baru saja dipatahkan atau pecah. Bagaimanapun juga, karyanya bukan sekadar pajangan. Fracture bisa digunakan untuk bangku area outdoor maupun indoor. Material yang digunakan bervariasi, mulai dari kayu, pasir dan semen, kaca, acrylic, card board, sampai foam.

Wood Casting

Kalau bicara soal perpaduan 2 material menjadi furnitur, Hilla Shamia ahlinya. Dalam karyanya yang diberi nama Wood Casting, Hilla Shamia menggabungkan log (kayu gelondongan secara utuh) dengan alumunium. Ia menciptakan stool dan bangku panjang dari perpaduan kedua bahan ini. Bagian atas, tepat sebagau dudukan, adalah kayu, sedangkan bagian bawah atau kakinya terbuat dari alumunium. Yang membuatnya unik adalah proses pembuatannya. Alumunium cair dituangkan ke dalam cetakan yang telah diisi log, sehingga alumunium itu mengisi sampai ke dalam retakan log tersebut. Hasilnya, ada sedikit corak hitam gosong di antara log dengan alumunium. Secara keseluruhan, Wood Casting adalah bukti modernitas kontemporer.

Born 2B Burn

Kalau Anda ingin tahu arang yang sangat mahal, berharga, dan indah, maka Born 2B Burn perlu Anda lihat. Yaroslav Galant membakar semua permukaan furniture dengan api bertekanan tinggi. Warna hitam legam dan retak-retak melapisi seluruh bagian furniture tersebut. Tapi, sesudahnya akan dihasilkan efek dramatis yang menakjubkan. Dengan api bersuhu 2000 fahrenheit, membuat permukaan kayu cepat gosong, sehingga tidak perlu dibakar dalam waktu yang lama. Galant mengubah furniture berukir gaya klasik menjadi tampak lebih unik dan memiliki cita rasa tinggi. Anda mau menirunya?

 

Unik, bukan? Ternyata apa yang biasanya kita anggap buruk rupa bisa menjadi luar biasa di tangan para desainer hebat. Anda juga memiliki furniture unik? Share saja di Rooangku.


Sumber
:
http://www.jackpcraig.com/
http://www.artnau.com/
http://www.dezeen.com/
http://www.detnk.com/
http://www.hillashamia.com/
http://www.captivatist.com/