Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
library

Rooang.com | Bagi pecinta buku, kutu buku, maniak buku, atau apapun itu, sebuah perpustakaan adalah surga. Keberadaan perpustakaan sendiri di rumah sudah menjadi hal wajib. Nah, apakah Anda sudah tahu bagaimana cara memaksimalkan perpustakaan di rumah?

Jika Anda punya banyak buku dan menginginkan tempat yang tenang untuk menikmatinya, Anda membutuhkan perpustakaan rumah atau home library. Tidak hanya untuk menyimpan buku, namun bisa juga menjadi kantor pribadi atau ruangan belajar. Jika Anda menyimpan buku di ruang tamu, apalagi Anda tidak tinggal sendiri di rumah, tampaknya ruang tamu bukan tempat yang cocok untuk membaca.

Gaya Dekorasi

Ruang khusus sudah seharusnya didesain dengan khusus pula. Mari kita pikirkan gaya dan skema warnanya. Anda dapat memilih tradisional, modern, Gothic, Victorian, minimalis, country, dan sebagainya, namun jangan lupakan kegunaan utama dari ruangan tersebut. Ruangan harus memiliki suhu tertentu dan kelembaban relatif supaya buku-buku tidak cepat rusak. Jadi, ruang bawah tanah dan tempat basah bukan area yang cocok untuk perpustakaan Anda.

87

Furnitur dan Skema Warna

Gaya apapun yang Anda pilih, perpustakaan mengekspresikan kepribadian dan selera Anda. Di samping rak buku, perpustakaan dapat anda lengkapi dengan sofa, kursi, meja, dan tangga jika rak buku menjulang tinggi hingga langit-langit. Skema warna bisa bermacam-macam, mulai dari hitam dan putih menuju abu-abu, ungu atau hijau, atau kombinasi warna apapun yang Anda inginkan. Seharusnya tidak mengganggu, karena Anda akan fokus membaca.

Pencahayaan

Pencahayaan juga sangat penting pada dekorasi perpustakaan rumah Anda. Pencahayaan seharusnya terang namun tidak membuat silau. Anda bisa mengaplikasikan lampu gantung, lampu meja, atau lampu lantai yang dapat membuatmu lebih fokus untuk membaca yang lebih sehat.

contemporary-library-design-with-almost-black-material-color-theme-in-wall-and-bookcase-decoration-combine-with-elegant-pendant-lamp-ornament

Rak Buku

Rak buku bisa bermacam-macam gaya dan bentuk. Tidak selalu harus konvensional. Banyak sekali desain rak buku dengan bermacam-macam bentuk. Beberapa di antaranya menyediakan tempat duduk khususnya untuk membaca.

Lihatlah beberapa ide perpustakaan rumah di bawah ini. Namun, tetap ingat, banyak sekali pilihan lain. Jika tidak ada ruangan yang kosong untuk membuat perpustakaan, Anda tetap dapat membuat perpustakaan di dinding yang belum diolah dibawah tangga, yang juga bisa diletakkan tempat baca kecil untuk Anda.

11-ways-to-use-space-under-stairs-4


4518172832_25364e46eb

homedit._com_5-tips-to-create-more-storage-space-in-your-bedroom_-600x350

Jangan takut berkreasi, wahai pecinta buku. Jangan berhenti bereksplorasi. Ruangan membaca yang nyaman, tentu berdampak pada diri Anda sendiri. Redaksi menunggu Anda untuk membagikan kreasi perpustakaan pribadi Anda di rooangku.