Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
Bamboe-Brug-1

Rooang.com | Sejak zaman dahulu, bambu adalah material yang akrab kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari bahan pembuat rumah, furnitur, perkakas dapur, alat musik hingga mainan anak. Material ini begitu mudah ditemui. Di tanah tropis seperti Indonesia, bambu dapat tumbuh di mana saja. Apalagi pertumbuhannya sangat cepat, menjadikan bambu sebagai material murah dengan suplai melimpah.

Pada masa lalu, bambu juga dipakai sebagai bahan pembuat jembatan. Di mana saat itu material seperti semen belum banyak digunakan. Beberapa foto lawas koleksi Tropenmuseum, menunjukkan bahwa berbagai jembatan bambu di Indonesia pada zaman dahulu memiliki desain yang beragam dan juga mengandung cita rasa estetik yang tinggi. Meski beberapa berbentuk sederhana dan fungsional, namun tidak sedikit pula yang rumit dengan struktur bambu bentang lebar. Beberapa jembatan terkesan tradisional, sedangkan jembatan lainnya tampak sudah mendapat pengaruh ilmu Eropa.

Berikut adalah beberapa di antaranya.

Bamboe Brug 2

Bamboe Brug 18

Bamboe Brug 17

Bamboe Brug 15

Bamboe Brug 13

Bamboe Brug 12

Bamboe Brug 10

Bamboe Brug 8

Bamboe Brug 7

Bamboe Brug 6

Bamboe Brug 5

Bamboe Brug 4

Bamboe Brug 3

Bamboe Brug 9

Bamboe Brug 16

Bamboe Brug 11