Reading Time: 4 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
dekorasi-peta

Rooang.com | Kalau memajang foto keluarga sudah terlalu mainstream, bagaimana dengan peta? Beberapa tahun terakhir, interior Barat tengah diramaikan dengan tren mendekor dinding menggunakan peta. Mulai dari peta dunia, peta Eropa, peta kota, peta perang bergaya vintage, sampai peta khayal harta karun.

Map wall décor lebih banyak diaplikasikan di kamar, terutama kamar tidur anak laki-laki. Tetapi, memajang peta bisa dilakukan di ebrbagai ruangan lainnya, bahkan kamar mandi. Aroma petualangan pun langsung tercium dalam ruangan tersebut. Anda dan anak-anak bisa bermain-main dengan peta yang terpampang di dinding. Peta juga bisa digunakan sebagai sarana belajar untuk buah hati. Mau coba?

Ada ratusan cara dan dekorasi dinding berpeta, terserah Anda mau pilih yang mana. Berikut ini beberapa dekorasi praktis dengan peta. Bisa dipilih sesuai tingkat kreativitas dan kerja kerasnya.

Mural

Ini cara paling mudah sekaligus paling sulit. Anda bisa menyewa jasa muralis dengan biaya yang tidak murah, atau membuat mural peta sendiri dengan kreativitas yang tidak sedikit. Bagusnya, Anda bisa meng-cusomize peta sesuai keinginan. Tidak ada pakem gambar peta seperti apa. Mau mengecat gambar laut dengan warna pink dan benua dengan warna ungu pun tidak jadi masalah.

Wallpaper


Cara ini mudah dan praktis, tapi belum banyak jasa wallpaper yang menyediakan stok wallpaper bergambar peta.

Wallsticker

Wallsticker paling murah, mudah, dan praktis. Tinggal beli, lalu tempel. Kelemahannya, Anda tidak bisa cutomize peta sesuai ukuran dinding dan warna favorit.

Atlas

Kalau mencari tukang wallpaper dan jasa mural itu cukup menghabiskan waktu Anda, kenapa tidak membeli atlas saja? Potong halaman-halaman atlas, lalu tempelkan di dinding dengan lem khusus atau dengan selotip. Resikonya, hasilnya jadi kurang rapi.

Peta kertas

Lembaran atlas memang berukuran kecil dan cukup merepotkan untuk ditempel di dinding. Berbeda dengan peta kertas biasa yang memang berukuran besar. Kreasinya bisa sesuka hati: ditempelkan sampai memenuhi dinding, atau sekadar digantung di atas sofa.

Wallpaper kreasi sendiri

Mencari penjual wallpaper bergambar peta sepertinya sulit, ya? Coba deh buat sendiri wallpaper Anda. Caranya: desain gambar peta sesuai ukuran yang diinginkan, lalu bawa desain di tempat percetakan. Cetak di kertas vinyl. Setelah jadi, tempelkan di dinding ruang keluarga. Ingat ya, menempelkan wallpaper harus rapi, jangan sampai ada celah yang menggelembung atau tidak rata. Ini bisa membuat wallpaper mudah sobek.

Peta berpigura

Anda suka hal-hal yang lebih rapi, murah, dan praktis? Sobekan halaman atlas tempelkan saja di dalam pigura, lalu gantung di dinding. Agar lebih rapi, perhatikan cara menggantung pigura yang benar.

Peta di atas kanvas

Peta kertas juga bisa ditempelkan di kanvas. Tapi, sebelumnya pastikan Anda membeli kanvas yang lebih kecil dari peta, agar bisa menutupi semua permukaannya. Kalau memang ingin yang kreatif, gambar saja peta di atas kanvas, misalnya seperti foto berikut.

Peta ceria

Menggambar peta tidak hanya dengan cat. Anda bisa memanfaatkan kertas aneka motif, seperti kertas kado. Caranya, gambar sketsa peta di dinding.Gambar sketsa secara terbalik di bagian kertas yang polos/putih (belakang motif). Gunting sesuai motif, lalu tempel sesuai sketsa di dinding.

Monogram

Anda memiliki hiasan monogram? Kertas peta bisa dijadikan motif agar monogram tidak terlihat membosankan.

Peta siluet

Hampir sama seperti mural. Hanya saja, lukisan peta tidak perlu detail dengan berbagai warna. Cukup satu warna solid untuk mewarnai pulau dan benua. Hasilnya lebih minimalis dan ringkas. Cocok untuk Anda yang tidak suka dekorasi yang ramai.

Peta kayu

Siluet peta juga bisa digambar di papan kayu. Hasilnya lebih terkesan modern rustic yang eye catchy. Kayu yang dipilih bisa berupa papan-papan kayu bekas, jadi tidak membutuhkan biaya yang mahal.

Peta quotes

Caranya sederhana. Tulis sebuah quotes favorit di kertas peta, lalu tempelkan di dinding, kanvas, atau masukkan dalam pigura. Quotes yang cocok dengan peta bisa tentang traveling dan petualangan.

Seru bukan? Tidak sabar ingin mencobanya? Kalau sudah jadi, jangan lupa share di Rooangku.