Reading Time: 2 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
539558828_origboo1

Rooang.com | Pasca terjadinya gempa 7.9 skala richter yang mengguncang negeri China pada tahun 2008, 69.000 orang telah meninggal dunia, dan ribuan orang terluka. Pemerintah setempat merencanakan proyek rekonstruksi yang gigantis, mencakup lebih dari 1.5 juta rumah temporal, yang diperkirakan mampu bertahan 2-3 tahun. Proyek itu bernama Bamboo + paper House, sebuah proyek bamboo folding oleh Ming Tang.

Bamboo + paper House selayaknya sebuah instalasi hunian yang memiliki struktur penyusunan yang minimalis. Mengikuti kebutuhan pengguna, topografi lahan, sehingga mampu mewujudkan berbagai skenario pengguna pada eksekusi arsitekturnya.

1910406325_origboo2

Sebagai tanaman yang tumbuh sangat cepat, bambu mencapai tinggi maksimumnya pada jangka waktu dua bulan. Ketika melaksanakan panen bambu, sistem akar tanaman akan siap sedia untuk menumbuhkan banyak bambu-bambu baru, namun bambu baru dapat ditebang pada umur ke 7 atau 10-50 tahun sesuai kebutuhan kekuatan dan corak bambu. Ketebalan bambu pada umumnya, 2-3 kali lebih kuat jika dibandingkan dengan wood timber. Bambu memproduksi 30% oksigen lebih banyak daripada hutan kayu pada luasan area yang sama. Selain itu bambu turut membantu menjaga ketahanan lahan terhadap banjir, erosi, restorasi, dan menghilangkan toxin pada tanah yang terkontaminasi.

Bamboo + paper House memilih untuk menggunakan struktur kinetis sederhana sesuai karakteristik bambu, dibandingkan untuk menggunakan industri. Sebuah struktur yang tersusun dari beberapa sistem yang adaptif dan mampu disusun sesuai kebutuhan. Pada hasilnya, Bamboo + paper House menjadi sebuah refleksi logis akan komparasi folds and unfolds, self-construction and deconstruction, dan permanent and mobility. Karakteristik Folded Bamboo yang tersusun dari batang bambu tegak dan parabolis, bertumpu pada struktur payung yang membuka pada sudut tertentu sebagai kesinambungan spasial pada keseluruhan rangka.

801566469_origpaper1

1486930967_origboo4

Bamboo + paper House dialokasikan dengan faktor modifikasi pada sosial, ekonomi, dan kultur pengguna. Dengan perbedaan sistem pada setiap user, hunian dapat bereaksi pada stimulan eksternal, dan ditransformasikan dengan cepat terhadap cahaya, angin, dan temperatur.

Selain bambu, elemen paper yang digunakan adalah sebagai pembentuk masa, dan dengan penggunaan paper sebagai penutup ruang, mengurangi penggunaan bahan bangunan sebesar 40% yang sangat hemat apabila ditilik dari unsur ekonomi.

media_25325

Secara keseluruhan, Bamboo + paper house menyajikan arsitektur dalam konteks yang benar-benar terpusat pada user, dan ramah lingkungan.