Reading Time: 4 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
rumah-mungil-yang-bisa-jalan-jalan3

Rooang.com | Apa jadinya kalau Anda bisa membawa rumah ke manapun Anda pergi? Mungkin akan seperti siput atau kerang, ya? Memang tidak aneh jika kita bisa mengajak serta rumah kita untuk bepergian dan jalan-jalan. Setidaknya inilah yang dilakukan oleh banyak orang di Amerika Serikat. Kesukaan mereka jalan-jalan telah melahirkan ide terciptanya tiny mobile home atau yang lebih biasa disebut dengan micro house.

rumah mungil yang bisa jalan-jalan14

Asal-usul

rumah mungil yang bisa jalan-jalan15

Sebenarnya, ada banyak versi yang menyebutkan asal mula desain micro house ini. Ada yang bilang model rumah ini untuk memfasilitasi masyarakat tuna wisma, tapi banyak juga yang menganggap inilah hasil kreativitas mereka yang suka bepergian dan nomaden. Ada juga yang mengatakan bahwa model ini terinspirasi dari Quay House, rumah terkecil bercat merah di Inggris yang sudah ada sejak sekitar 100 tahun lalu.

Sementara, para ahli menjelaskan bahwa ini adalah upaya untuk menghemat penggunaan sumber daya alam, dengan cara tidak boros membangun rumah. Apalagi, menurut situs thetinylife.com, warga Negeri Paman Sam merupakan konsumen terbesar sumber daya alam dunia. Disebutkan bahwa selama tahun 1999—2009, warga AS telah mengonsumsi 25% sumber daya alam konservatif dari seluruh dunia. Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi jika mereka terus membangun rumah selama 30 tahun ke depan. Mengerikan, ya? Apapun latar belakangnya, rumah mikro ini merupakan solusi jitu untuk menyelesaikan dilema properti.

Interior

Mari kita kembali ke topik ‘rumah yang bisa jalan-jalan’. Karena juga berfungsi sebagai kendaraan, jadi rumah mikro memang memiliki ukuran yang sangat imut, dengan ukuran paling kecil sekitar 150 square feet atau 13,5 meter persegi. Lebarnya kira-kira 3 meter, sedangkan panjangnya 4,5 meter. Di dalamnya sudah terdapat ruang tamu sekaligus ruang nonton TV, kamar mandi, dapur, dan kamar tidur. Rumah model ini bisa dihuni sampai 3 orang. Cukuplah untuk keluarga kecil.

rumah mungil yang bisa jalan-jalan

Penataan interior rumah mikro ternyata tidak cukup sulit. Kuncinya adalah jangan meletakkan barang-barang yang tidak perlu. Sebagai orang yang selalu mobile, penghuni rumah mikro tidak akan menerima banyak tamu dan mengadakan acara makan-makan bersama, jadi mereka hanya membawa perabotan seperlunya. Tidak perlu mengoleksi piring dan cangkir cantik. Juga tidak perlu banyak-banyak belanja. Semakin hemat, bukan? Cara ini bisa Anda catat untuk menata rumah, lho.

rumah mungil yang bisa jalan-jalan12

Lalu, apa yang bisa diletakkan di dalamnya? Yah, setidaknya para penghuni bisa memiliki 1 set kitchen cabinet ukuran kecil, kulkas kecil, meja belajar, flat TV (yang ini ukuran berapapun bisa), sofa, wardrobe kecil, meja makan, coffee table, mesin cuci, toilet duduk, shower, penghangat ruangan, dan pastinya kasur yang nyaman. Konsep tiny mobile house tidak jauh beda dengan studio apartment, jadi tidak ada sekat pembatas untuk semua ruangan, kecuali kamar mandi. Biasanya, tempat tidur diletakkan di bagian atas, seperti loteng mini khusus untuk tidur. Tapi, kalau mau Anda bisa menerapkan model furnitur portable, yakni dengan melipat ranjang ke dalam almari saat tidak digunakan.

rumah mungil yang bisa jalan-jalan6

Sanitasi dan drainase

Pertanyaan yang pasti ada di benak kita adalah, bagaimana caranya membuang limbah dengan rumah super kecil seperti itu? Bagaimana pula para penghuni mendapatkan pasokan air? Mobile tiny house dilengkapi dengan sistem drainase dan sanitasi yang canggih, yang memungkinkan air limbah dibuang dengan aman. Ada banyak pilihan toilet yang bisa membuang limbah tanpa bau dan dalam bentuk cair yang lebih ‘aman’. Selain itu, air limbah yang telah mengalami pengolahan, ekstraksi, dan perubahan unsur zat menjadi aman untuk disalurkan ke kebun-kebun.

Cara yang paling banyak digunakan untuk mendapatkan air adalah dengan menampung air hujan. Pemerintah pusat dan setempat di AS juga telah membangun area khusus untuk persinggahan para pemilik mobile house, dilengkapi dengan denah kompleks, air, dan zona pembuangan. Tentu, setiap rumah dilengkapi dengan tandon yang bisa menampung kebutuhan air selama 1 minggu.

Model rumah seperti ini memang belum diterapkan di Indonesia. Tetapi, setidaknya kita bisa belajar bagaimana cara untuk tinggal dengan nyaman di rumah yang sangat mungil.

Ini cerita dari luar negeri. Apakah Anda punya pengalaman yang sama soal hidup di rumah mungil? Share pengalaman Anda dengan pembaca lainnya, ya. Siapa tahu bisa menjadi inspirasi. Post juga cara Anda menata ruang sempit lewat sharing foto di Rooangku.

rumah mungil yang bisa jalan-jalan4

Sumber:

Home


http://minimhomes.com/design/
http://www.doh.wa.gov/

Home