Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
ruang-tamu-skandinavia-2

Rooang.com | Interior bergaya Skandinavia memang menjadi tren hangat di antara para interior designer dan pecinta dekorasi rumah. Gaya Skandinavia amat digemari karena mengusung nilai simplicity, utility, dan beauty, membuktikan pada kita bahwa rumah yang indah itu bisa diciptakan dari komponen-komponen sederhana, tanpa meninggalkan nilai guna. Gaya Skandinavia paling sesuai diterapkan di ruang tamu, karena ruangan ini memiliki banyak unsur dekorasi.

Secara umum, interior bergaya Skandinavia memadukan 3 elemen pokok dari arah yang berbeda: kayu yang menampilkan warna dan serat alaminya, logam yang ramping dan berwarna gelap, serta kain-kain lembut dan hangat. Bisa dikatakan bahwa dekorasi Skandinavia merangkum gaya minimalist, rustic, industrial, sekaligus shabby chic. Semuanya merupakan tren dekorasi interior yang paling diminati. Bagusnya lagi, perpaduan ini merupakan kombinasi karakter masculine dan feminine, sehingga sangat cocok untuk semua kalangan.

ruang tamu skandinavia 1

Gaya Skandinavia bercirikan warna putih dominan yang menjadi latar belakang dan warna dasar untuk dinding. Warna putih sangat mendominasi diaplikasikan juga pada korden, karpet, dan sofa. Warna lain yang juga sering terdapat dalam desain interior Skandinavia adalah hitam yang ditorehkan pada cushion, kursi, ataupun meja dan cabinet. Tetapi, warna ini tidak mendominasi. Warna hitam juga bisa digantikan dengan abu-abu.

Ruang tamu model Skandinavia tidak meninggalkan suasana sejuk yang didapat dari tanaman-tanaman bunga atau tumbuhan hias dalam pot. Anggrek, kaktus, sukulen, atau tanaman hias lain seperti lucky bamboo akan membuat ruang minimalis menjadi lebih hidup dan segar.

Lantai yang sering digunakan adalah lantai parket. Tapi, Anda juga bisa menggantinya dengan tegel yang bercorak kayu. Lebih murah dan tetap indah. Jika kayu imitasi juga tidak bisa Anda dapatkan, maka bisa diganti dengan lantai biasa yang bercorak polos/solid dengan warna-warna netral seperti abu-abu, hitam, atau coklat tanah.

ruang tamu skandinavia 3

Unsur kayu menjadi komponen wajib ruang tamu ini. Jika Anda menggunakan pelapis lantai berupa ubin, setidaknya gunakanlah unsur kayu di beberapa titik sederhana, seperti kaki meja, kaki kursi, rak, ataupun lampu.

Dekorasi ala Skandinavia memang tidak mengandalkan karpet dari ujung ke ujung tembok. Tapi, gaya ini nyaris tidak lepas dari rug, yakni karpet berukuran lebih kecil yang berada di sekitar tempat duduk dan meja. Motif rug yang paling banyak digunakan adalah bulu zebra, motif anyaman menyerupai tikar, geometris, dan solid. Tapi, tidak menutup kemungkinan digunakannya motif tradisional seperti ikat atau motif khas Timur Tengah.

Seperti yang sudah dibahas di awal, interior Skandinavia memiliki karakter shabby chic dan feminin. Jadi, letakkan sofa lembut dengan corak polos. Lengkapi kenyamanan di ruang tamu dengan cushion. Di sinilah Anda bisa bermain-main dengan warna. Cushion bisa dikreasikan dengan beragam motif dan warna.

ruang tamu skandinavia 7

Permainan warna dan corak juga bisa diterapkan pada aksesoris. Pilihlah aksesoris chic dan minimalis yang memiliki beragam motif warna-warni untuk memeriahkan ruang tamu ala Skandinavia, tetapi jangan berlebihan. Gunakan juga warna-warna dan koleksi favorit Anda.

Mendekorasi ruang tamu dengan gaya Skandinavia memang gampang-gampang susah. Tetapi, setidaknya gaya ini paling mudah diterapkan, karena memiliki aturan main dan pakem yang jelas. Bagaimana menurut Anda? Punya ide lain untuk mendekorasi ruang tamu? Silahkan share dekorasi ruang tamu Anda di Rooangku.

ruang tamu skandinavia 4

ruang tamu skandinavia 6