Reading Time: 1
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
Ceiling-kamar

Rooang.com | Tahukah Anda, ternyata tidak sembarang cat bisa digunakan untuk melapisi langit-langit rumah kita? Perbedaan letak dan kondisi sangat memengaruhi pemilihan cat dan cara pengecatan. Dan, tentu saja ada tips khusus agar Anda bisa memilih cat yang tepat.

Berdasarkan informasi dari situs desain interior homedit.com, ternyata dibutuhkan cat dengan kemampuan menutup yang tinggi. Hal ini karena letak ceiling ada di atas, membuat cat yang diaplikasikan akan mudah menetes dan mengotori benda-benda di bawahnya. Biasanya, untuk pengecatan tembok diperlukan paling tidak 2 lapisan cat. Hal serupa tidak bisa dilakukan pada langit-langit, karena akan menimbulkan banyaknya cipratan dan cat yang menetes. Sehingga, diperlukan cat yang memiliki daya tutup tinggi dan bersifat spatterless.

Sebaiknya pilih cat dengan corak matte. Corak matte dinilai mampu menutupi bekas-bekas kotoran seperti sisa rembesan air dan sapuan kuas/roller. Corak matte akan terlihat lebih merata. Warna-warna matte juga tidak memantulkan cahaya, sehingga bisa meredam kekurangan atau penampilan minus dari langit-langit rumah Anda. Jadi, kalaupun ada debu-debu yang menempel, Anda tidak perlu sering-sering membersihkannya.

Pastikan Anda memilih warna yang tepat. Saat berada di toko cat, coba lihat contoh cat di tempat yang terkena sinar matahari dalam jumlah yang sama seperti rumah Anda. Langit-langit berada di tempat yang tidak terkena matahari langsung, tapi juga pasti terkena dampak cahaya matahari. Pilih cat yang sedikit lebih terang dari pilihan warna Anda.

Tanyakan pada pemilik toko, apakah cat yang Anda pilih tersebut memiliki warna yang tahan lama ataukah justru cepat pudar. Memilih warna yang cepat pudar akan membuat pengecatan sia-sia.dan menampakkan kekurangan-kekurangan yang ada pada langit-langit.

Mengecat ceiling memang dibutuhkan kesabaran dan kerja keras. Apakah Anda punya ide cara praktis mengecat langit-langit? Kami tunggu inspirasi Anda di kolom komentar.

Sumber:
http://www.homedit.com/