Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
kitchen-storage-8

Rooang.com | Dapur bisa jadi biangnya kejengkelan, apalagi saat kita melihatnya dalam kondisi berantakan. Rumah yang memang tidak terlalu luas harus dibagi-bagi menjadi beberapa ruangan sempit, yang harus cukup menampung semua perkakas. Apalagi, dapur sering dijadikan sasaran penyimpanan barang-barang tak terpakai. Ingin mengubah suasana dapur menjadi lebih lega? Ikuti langkah berikut.

Pertama dan utama: fokus pada fungsi

Sebenarnya akan dipakai untuk apa dapur Anda tersebut? Pertanyaan ini harus dijawab terlebih dahulu sebelum mulai menata. Buat daftar fungsi dapur, misalnya: memasak, menyimpan bahan makanan, menyimpan peralatan memasak, sebagai ruang makan sekaligus, meletakkan perkakas tak terpakai, dsb. Dengan demikian, Anda tidak akan sembarangan meletakkan semua perkakas di dapur.

Buang perkakas Anda

Setelah jelas seperti apa fungsinya, Anda akan tahu apa saja yang perlu dan tidak perlu diletakkan di dapur. Kardus bekas, kaleng bekas, dan barang-barang bekas lainnya yang sudah tidak bisa dipakai, buang saja, berikan ke tetangga, atau jual ke pemulung. Apa gunanya menyimpan barang-barang seperti itu?

Rencana jangka panjang

Maksudnya, Anda harus paham terlebih dahulu aktivitas apa saja yang akan dilakukan setiap ahri, dan apa yang baru akan dilakukan suatu saat nanti. Misalnya, Anda memasak menu makan keluarga setiap hari. Sementara, suatu saat nanti akan ada acara keluarga yang mengharuskan Anda memasak dengan jumlah yang lebih banyak dan bervariasi. Nah, alat-alat memasak yang jarang digunakan inilah yang nantinya akan ditempatkan di space khusus, tidak jadi satu dengan perkakas yang dipakai sehari-hari. Cek semua perkakas yang akan diletakkan di dapur, mana yang akan sering dan jarang digunakan.

Customize kitchen cabinet

kitchen storage 9

Ini yang paling penting. Untuk membuat storage yang maksimal dan efektif, mau tidak mau diperlukan customize kitchen cabinet. Kondisi dapur setiap orang berbeda, sementara toko rak dan almari hanya menyediakan bentuk dan ukuran standard, yang membuat Anda tidak bisa memanfaatkannya secara maksimal sesuai kebutuhan. Untuk customize kitchen cabinet perhatikan hal-hal berikut.

  • Tentukan barang apa saja yang akan diletakkan dan seberapa besar space yang diperlukan.
  • Barang yang jarang dipakai sebaiknya diatur peletakannya di rak bagian atas, sementara barang yang sering dipakai diletakkan di tempat yang mudah dijangkau.
  • Tentukan aktivitas yang dilakukan di dapur dan pertimbangkan masalah kenyamanan. Jangan sampai kitchen cabinet yang sudah dipesan nantinya malah membuat kegiatan memasak atau mencuci piring menjadi tidak nyaman.
  • Penentuan letak barang harus mempertimbangkan faktor keamanan, misalnya cara meletakkan pisau, menggantung panci, dan menyusun alat makan di rak. Jika tidak ahti-hati, bisa membahayakan keselamatan Anda.
  • Jangan mencampur letak pembersih (sabun, sikat, dll) dengan bahan makanan.
  • Jangan mencampur letak bahan makanan dengan makanan jadi.
  • Pilih tempat menyimpan makanan jadi di area tengah, sehingga tidak dekat lantai.
  • Pertimbangkan letak kursi, meja, wastafel, kompor, jendela, dan pintu.
  • Letakkan tempat sampah di bawah wastafel atau area yang jauh dari bahan makanan dan makanan jadi.

Berikan sentuhan dekoratif

kitchen storage 3

kitchen storage 2

Tentu Anda ingin dapur tampak indah, bukan. Tapi, mau diapakan lagi zona sempit ini? Yah, setidaknya Anda masih bisa memilih warna-warna perabotan dapur, kitchen cabinet, meja, dan kursi. Warna-warna yang harmonis dan serasi akan membuat dapur Anda lebih segar. Warna kontras pada backsplash juga diyakini para interior designer akan memberikan meningkatkan mood Anda. Jika masih ada space tersisa di atas countertop, dinding, atau meja makan, letakkan satu pot tanaman hijau segar.

Yang pasti, bagaimanapun penataan dapur Anda, kebersihan dan kerapian adalah faktor utama untuk menciptakan dapur yang nyaman. Anda setuju? Ada ide lain untuk menata perkakas dapur? Silahkan tulis di komentar. Share juga dekorasi dapur cantik Anda di Rooangku.

kitchen storage 1

kitchen storage 7