Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
gaya-industrial

Rooang.com | Apartemen studio biasanya terlihat berantakan dan tidak estetis. Wajar, karena di sini para penghuni tidak memiliki sekat pembatas antara ruang tidur, ruang tamu, bahkan dapur dan ruang makan. Memilih gaya industrial untuk apartemen studio adalah pilihan tepat. Selain stylish dan modern, Anda ‘boleh berantakan’ dengan gaya industrial yang humble ini. Apalagi, gaya industrial akan sangat cocok diterapkan di open space, tepat seperti karakter apartemen studio. Caranya? Perhatikan hal-hal berikut.

Tekstur

Gaya industrial memang dikenal dengan tekstur mentah dan kasar. Tapi, akan lebih baik jika Anda bisa memasukkan tekstur lembut dan hangat, sehingga apartemen akan terasa lebih nyaman. Tekstur lembut ini bisa didapat dari penggunaan unsur tekstil yang ada pada rug, cushion, throw, dan bedcover yang nyaman. Sementara, untuk tekstur kasar dan mentah akan diterapkan pada lantai, dinding, dan sejumlah perabot.

Pernak-pernik industrial

Industrial berkarakter logam, jadi minimalkan penggunaan komponen plastik di apartemen Anda. Gaya ini juga memiliki kesan rustic yang bisa diterapkan melalui penggunaan beberapa elemen kayu, misalnya sebagai meja-kursi.

Dinding

Dinding bata ekspos atau dinding plasteran tanpa cat adalah salah satu ciri industrial yang cukup mencolok. Tapi, jika dinding apartemen Anda sudah terlanjur dilapisi, Anda bisa mengganti warna catnya dengan warna industrial, seperti putih, hitam, atau abu-abu.

Pendant lamp dan chandelier

Pendant lamp akan sangat mendukung tampilan industrial di dalam ruangan. Pilih yang memiliki tangkai dan cover warna hitam untuk menambah nuansa dingin, atau pilih warna cerah untuk menciptakan suasana yang lebih semarak. Chandelier akan menyeimbangkan kesan kasar menjadi lebih lembut, tergantung desain yang Anda pilih.

Lantai semen atau parket

Jenis lantai yang paling banyak digunakan untuk rumah bergaya industrial adalah lantai parket dan lantai semen warna hitam. Bisa juga digantikan dengan ubin warna lain yang bergaya vintage dengan motif solid.

Besi dan logam

Besi dan logam adalah karekter utama gaya ini. Tetapi, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk membeli semua perabotan industrial. Gunakan saja apa yang ada, tapi tetap mengutaman ekspos unsur besi dan logam, misalnya pada rak piring, piring, cangkir, kaki meja dan kursi, wastafel, pot bunga, dsb.

Perabot vintage

Industrial merupakan salah satu gaya yang berdasar pada tren dekorasi vintage yang dikemas secara modern. Akan sangat bagus jika Anda menemukan perabotan vintage, tetapi yang tidak berukir.

Warna

Gaya industrial identik dengan warna besi, semen, beton, dan terkadang juga kayu. Jika ingin kesan yang lebih hangat, gunakan warna putih di dinding. Tambahkanw arna-warna favorit untuk kesan lebih homey dan nyaman. Motif juga bisa diterapkan lewat cushion, korden, dan rug, sehingga apartemen tidak nampak kaku.

Satu hal yang perlu diingat dalam dekorasi interior adalah masalah proporsi. Jadi Anda tidak perlu bersusah payah mengumpulkan semua barang yang industrial. Gunakan saja apa yang ada, asal fungsional. Juga tidak perlu memiliki banyak aksesoris yang tidak perlu, apalagi apartemen studio bukanlah tempat yang tepat untuk memajang aneka koleksi. Ada saran lain?

Kami tunggu inspirasi dari Anda. Submit foto-foto menarik dekorasi yang Anda miliki di Rooangku.