Reading Time: 4 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
Taman-Bunga-Indah-Taman-Rumah-Minimalis

Rooang.com | Biasanya rumput yang ditanam di halaman hanya rumput biasa dari jenis rumput gajah mini, rumput jepang, ataupun rumput babat. Ketiga jenis ini memang bagus, tetapi tidak memberikan keindahan selain warna hijaunya.

Tahukah Anda, ada banyak jenis ground cover berbunga yang bisa menggantikan rumput? Selain cantik, rumput-rumput berbunga ini bisa memberikan setidaknya 2 warna menawan di taman dan halaman rumah. Apa saja?

  • Kacang-kacangan (Arachis pintoi)


Disebut kacang-kacangan karena bentuk daunnya sangat mirip dengan tumbuhan kacang tanah, bulat lonjong, berukuran kecil, dan tumbuh menjalar. Tumbuhan ini sendiri memang sebenarnya menghasilkan kacang, tetapii tidak lazim dikonsumsi di Indonesia. Rumput ini memiliki bunga cantik berwarna kuning yang memesona.

Kacang-kacangan yang di Hawaii disebut dengan pinto peanut ini membutuhkan waktu 6 bulan untuk bisa tumbuh mandiri. Sebelum 6 bulan, kacang-kacangan membutuhkan perawatan intensif dengan pengairan yang baik. Tetapi, jangan khawatir. Kacang-kacangan ini bisa tumbuh dengan baik di musim kemarau maupun musim hujan.

  • Taiwan Beauty (Cuphea hyssopifolia)


Berbeda dengan kacang-kacangan yang relatif pendek, taiwan beauty berukuran lebih tinggi, mencapai 40 cm. Jadi, ground cover yang satu ini juga cocok untuk ditanam di dalam pot dan digunakan sebagai border area taman. Warna bunganya bervariasi: putih, violet, pink, dan ada juga yang tidak berbunga. Taiwan beauty berasal dari Amerika Tengah, jadi cocok juga untuk Indonesia yang beriklim tropis.

Tidak hanya memberikan keindahan, tumbuhan inipun bermanfaat untuk kesehatan. Daun taiwan beauty dipercaya bisa meredakan rematik. Tumbuhan semak berdaun mengkilap tersebut memiliki kandungan flavonoid dan polifenol. Jadi, menanamnya di taman bisa memberikan banyak manfaat sekaligus. Harganya pun sangat terjangkau. Hanya Rp 5000 per polybag. Pembelian dalam jumlah banyak bisa mencapai harga Rp 3000 per kantong.

  • Anyelir (Dianthus Deitoides)


Bunga anyelir berasal dari kawasan Mediterania. Warnanya yang sangat mencolok membuatnya cocok dijadikan point of interest di taman rumah. Anyelir umumnya berwarna merah marun, dan sebagian memiliki aksen warna putih. Bunga ini tumbuh dengan suhu sedang tropis, jadi tidak sulit ditanam di Indonesia. Untuk mendapatkan hasil maksimal, tanam anyelir sebagai level terendah kedua setelah rumput.

  • Sutra Bombay (Portulaca sp)

image credit

Sama seperti kacang-kacangan, sutra bombay juga nyaris rata dengan rumput biasa. Selain ditanam sebagai ground cover, sutra bombay juga biasa ditanam di pot gantung, sehingga tanaman ini akan menjulur dan menggantung. Sutra bombay termasuk tanaman taman yang awet hidup, bisa sampai bertahun-tahun.

Sutra bombay memiliki 2 warna bunga, yaitu magenta dan putih. Perawatan tanaman ini tidaklah sulit, karena bisa cepat beradaptasi di area yang panas. Tetapi, di awal penanamannya Anda tetap harus rutin menyiram. Setelah dirasa sudah tumbuh dengan baik, jangan lupa untuk memangkas secara rutin karena sutra bombay tumbuh dengan cepat.

  • Tapak Dara (Vinca rosea)


Tumbuhan tapak dara sekilas nampak seperti tanaman liar berbunga merah muda. Padahal, jika kita bisa merawatnya dengan baik, tapak dara adalah ground cover yang cantik. Apalagi, perawatannya sama sekali tidak ribet.

Untuk menggunakan tapak dara sebagai penghias taman, Anda perlu rajin memangkasnya. Kesan liar tanaman ini ada pada cabangnya yang tidak teratur. Selain itu, semakin sering dipangkas, akan semakin cepat dan banyak pula bunganya.

  • Seruni rambat (wedelia biflora)


Tanaman ground cover lain yang juga sering kita jumpai sebagai semak liar adalah seruni rambat. Tumbuhan ini memiliki bunga berwarna kuning. Tanaman ini bisa digunakan dengan 2 fungsi, sebagai ground cover atau sebagai pagar tanaman, karena ukurannya yang bisa mencapai ketinggian hampir 1 meter.

Sebagai ground cover, seruni rambat harus rajin dipangkas. Menanamnya di seluruh area tanah juga agak sulit. Tetapi, tumbuhan ini bisa menjadi border jika ditata dan dipangkas dengan baik. Untuk dijadikan pagar tanaman, Anda harus sabar menunggunya tumbuh. Untuk hasil maksimal, harus rajin-rajin memangkasnya.

  • Bawang brojol (Zephyrantes sp)


Bunganya berwarna putih tumbuh di antara dedaunan hijau mengkilap dan berbentuk lidi. Tanaman asal benua Amerika ini dapat mencapai ketinggian antara 20 – 25 cm. Perawatannya yaitu dengan pemupukan 1 kali/bulan dan penjarangan secara insidental. Fungsi tanaman ini yaitu sebagai ground cover jika ditanam secara massal, sebagai tanaman pembatas/border, atau pengarah jalan. Pengomposisian tanaman ini dengan rumput atau berdasarkan gradasi tinggi tanaman.

 

Menciptakan taman tidak harus dengan cara yang ribet, kan? Menanam aneka groundcover di atas merupakan alternatif mudah dan murah. Ada ide lain?

3 COMMENTS