Reading Time: 2 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
karpet-untuk-ruang-makan

Rooang.com | Karpet bukanlah unsur yang wajib dalam dekorasi interior rumah. Tetapi, bukan berarti Anda bisa asal-asalan dalam memilihnya. Apalagi jika hendak memilih karpet untuk ruang makan, perhatikan hal-hal berikut ini.

Ukuran

Di ruang makan, karpet pastinya diletakkan di bagian bawah set meja makan. Pastikan karpet yang digunakan lebih lebar dari lingkar luar meja makan, kira-kira sepanjang 61 cm di tiap sisi. Kalau ukuran karpet kurang dari itu, dikhawatirkan Anda akan terganggu saat menarik dan mendorong kursi dari meja makan. Karpet yang berukuran lebih kecil juga akan mudah rusak karena sering terlipat oleh kaki kursi.

Pilih yang berbulu rata

Bulu karpet ada yang lebih tebal dan besar, ada juga yang lebih pendek dan kecil. Di ruang makan, kursi pasti lebih sering digeser sehingga bersinggungan dengan karpet. Karpet yang berbulu besar dan tebal akan lebih mudah rusak. Jadi, pilihlah karpet yang lebih datar dan tipis.

Matching dengan ruangan

Membeli karpet di awal sejak membeli rumah maupun membelinya di akhir dekorasi, pilihlah yang bisa menyatu dengan interior rumah. Karpet sebaiknya menjadi unsur yang menjembatani semua bentuk dan gaya dalam interior rumah Anda. Karpet juga bisa dijadikan unsur aksentuasi jika ruangan Anda bernuansa monokrom.

Mudah dibersihkan

Tidak dipungkiri bahwa tidak mudah membersihkan karpet. Nyaris sama sulitnya dengan membersihkan sofa. Padahal, ruang makan sendiri merupakan ruangan yang paling mudah kotor, setelah dapur dan kamar mandi. Untuk itu, pilihlah karpet yang mudah dibersihkan.Saat membelinya, mintalah saran pada pramuniaga, bahan apa yang paling mudah dirawat dan dibersihkan.

Bentuk matching dengan bentuk meja

Kalau meja Anda persegi, pilihlah karpet berbentuk persegi. Karpet persegi panjang untuk meja persegi panjang, karpet oval untuk meja oval, dan karpet bundar untuk meja yang bundar pula. Bentuk merupakan salah satu pendukung keserasian dekorasi ruang makan Anda. Simple, kan?

Corak gelap

Sebagian orang tidak hanya menggunakan meja makan sebagai area makan, tetapi juga area belajar, ngobrol, dan bekerja. Anda juga melakukannya? Ini berarti lebih banyak aktivitas di ruangan tersebut, sehingga lebih banyak pula kotoran yang dihasilkan. Bukan bermaksud mengajari Anda untuk jorok, tapi corak yang lebih gelap akan menyamarkan bekas-bekas noda di karpet. Sesering apapun Anda mencuci karpet yang berwarna terang, tetap akan terlihat kusam dan memiliki bekas noda.

Perhatikan ruangan sekitar

Ketika memilih corak dan warna karpet, Anda tentu harus menyesuaikannya dengan meja, kursi, dan furnitur lain di ruangan tersebut. Jika model rumah adalah open space, yang menyatukan ruang makan dengan zona lain, seperti ruang tamu atau dapur, maka Anda wajib memerhatikan juga dekorasi di zona tersebut. Sesuaikan motif karpet yang akan dipilih dengan karpet lainnya.

 

Dengan begini, Anda tidak akan salah memilih karpet untuk ruang makan. Apakah Anda punya tips yang lain? Silahkan share dengan pembaca lainnya.