Reading Time: 2 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
dekorasi-low-budget

Rooang.com | Mendapatkan rumah yang indah tidak harus dengan biaya yang besar. Ada banyak cara untuk memiliki rumah indah dengan dana yang terbatas. Mulai dari pemilihan bahan, trik DIY, pemilihan jenis perabot, sampai penggunaan barang bekas, dapat membantu anda menghemat biaya hingga jutaan rupiah.

Utamakan Penentu Kenyamanan

Yang paling utama dalam dekorasi ruang tamu dan ruang keluarga adalah sofa. Sementara, yang paling utama dalam dekorasi kamar tidur adalah ranjang dan kasur. Utamakan kedua hal ini saat merancang interior rumah. Pemilihan desain yang sesuai tren terbaru yang neko-neko, mungkin menarik, namun tidak tahan lama. Pilihlah sofa yang nyaman, berwarna netral, dan awet. Lagipula, kedua furnitur ini dinilai paling sulit didaur ulang dan dibuang jika sudah rusak. Harganya pun relatif mahal. Jadi keawetan adalah kuncinya, agar tidak menambah biaya di tahun-tahun berikutnya.

Jangan Tergiur Teknologi

Saat ini, banyak perlengkapan rumah berteknologi dan tampilannya menarik. Harganya pun bisa sampai puluhan juta. Sebut saja berbagai jenis blinds, pintu, kanopi, dan alat-alat elektronik. Sayangnya, semakin tinggi teknologi, resikonya juga semakin besar. Resiko menggunakan perlengkapan berteknologi antara lain: (1) minimnya pengetahuan menyebabkan kesulitan menggunakan sehingga lebih rentan rusak, (2) biaya servis lebih mahal, dan (3) perawatan lebih sulit. Saat memilih perlengkapan berteknologi, sebaiknya pastikan bahwa Anda paham betul cara menggunakan, cara merawat, dan sadar pada besarnya dana yang dibutuhkan.

Desain Interior Tematik

Tema minimalis begitu digandrungi masyarakat Indonesia. Hal ini berdampak pula pada pemilihan furniturnya. Sayangnya, harga furnitur seperti ini relatif mahal. Jangan terburu-buru terpikat dan membelinya! Barang-barang bernuansa klasik, vintage, industrial, maupun mid century dapat mudah ditemukan di toko barang bekas. Banyak juga yang dijual secara online. Anda bisa memilih sendiri barang sesuai bahan, kualitas, dan harga. Sehingga pengeluaran anda tidak membengkak. Namun jangan lupa, pastikan Anda melihat dulu barang sebelum membelinya.

2 Warna Cukup

Salah satu penentu keindahan rumah adalah warna tembok. Untuk dekorasi yang budget-friendly, Anda cukup menggunakan 1 atau 2 warna cat. Dikhawatirkan menggunakan banyak warna akan menimbulkan pemborosan cat dan biaya. Jangan lupa menghitung jumlah cat yang dibutuhkan sebelum membeli. Pilih cat yang sedikit mahal tapi berkualitas, agar awet sampai bertahun-tahun

Memperhatikan Promo dan Diskon

Anda berminat membeli perlengkapan di supermarket? Sebaiknya tunggu sampai ada diskon. Untuk saat ini, cek saja dulu harganya. Nanti, Anda bisa membandingkannya dengan harga setelah diskon maupun di beberapa tempat lainnya. Memanfaatkan diskon memungkinkan Anda memiliki barang berkualitas dengan harga lebih murah.

Re-purpose Perabotan Lama

Perabot lama yang sudah tidak dipakai dan menjalankan fungsinya, sebaiknya dialihfungsikan. Misalnya: tangga kayu dijadikan rak perlengkapan memasak, sprei usang dijadikan cover bantal, baju-baju tidak terpakai dijahit lagi untuk jadi selimut, kayu palet dijadikan coffee table atau rak buku, dsb. Kuncinya ada di kreativitas dan ketekunan. Sehingga menutup pembiayaan keperluan yang telah dipenuhi dengan alih fungsi perabotan lama.

Motif

Siapkan motif korden, karpet, sarung bantal, dan taplak meja yang serasi. Setidaknya siapkan 3 set, jadi bisa diganti tiap bulan. Motif dan warnanya tidak harus sama, asal dapat terlihat unite apabila dipasang bersamaan.

DIY (Do It Yourself)

Jika Anda senang berkreasi, DIY adalah alternatif andalan. Anda bisa mendekorasi rumah sesuai kreasi Anda sendiri. Ada banyak sekali tutorial dekorasi rumah secara DIY, misalnya mengecat ulang furnitur bekas, mengubah rol tisu menjadi hiasan dinding, membuat taman indoor dengan kaleng bekas, membuat keset dari kain perca, mengecat dinding dengan motif, dsb. Semuanya bisa dilakukan sendiri dan sangat hemat.

Less is More

Semakin ‘bersih’, semakin baik. Ruangan yang sederhana dan bersih dari anek pernak-pernik dekorasi jauh lebih baik daripada ruangan penuh perabotan yang tidak serasi. Anda yang sadar tidak memiliki sense of decoration sebaiknya mengalah dan tidak lapar mata saat melihat perabotan unik di toko.

Walaupun low-budget, tetapi rumah harus tetap tertata. Ada saran lainnya? Bagikan pada pengunjung lainnya di kolom komentar.