Reading Time: 4 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
119

Rooang.com | Jika Anda ingin membawa suasana eksotis namun elegan ke rumah Anda, cobalah dekorasi gaya Maroko. Budaya Maroko yang kaya tercermin dari gaya desain interiornya yang memikat, dikarakterisasikan melalui warna-warna yang vibran dan perabotan yang elok.

Berada di antara Eropa dan Afrika, Atlantik dan Mediterania, Maroko adalah negara tempat bertemunya banyak budaya. Bisa dibilang ia merupakan persimpangan antara timur dan barat, utara dan selatan. Tak heran jika dekorasi ala Maroko memadukan corak dari Prancis, Portugal, dan Spanyol dari barat data, dengan pengaruh Mediterania, Afrika, Persia, dan Islam dari selatan dan timur. Inilah yang kemudian menghasilkan gaya khas nan unik dan inspirasional ala Maroko.

Matahari Afrika yang terik membuat orang-orang Maroko keluar rumah untuk menikmati eksotisme oasis dalam suasana yang nyaman. Warna-warni vibran berpadu dengan furnitur dan aksesoris yang penuh hiasan, tanaman-tanaman pot, dan cahaya lembut untuk menciptakan suasana oasis yang sempurna dalam rumah.

Untuk menghadirkan tampilan Maroko nan sempurna di rumah Anda, berikut ini elemen-elemen yang perlu diperhatikan.

2

• Warna yang kuat untuk interior bergaya Maroko

Warna adalah titik fokus dekorasi ala Maroko. Warna-warna vibran ini terinspirasi dari lansekap Maroko, nuansa biru dan hijau dari Atlantik dan Mediterania, kilauan emas dan perak ala pasir Sahara, dan merah dan oranye yang kuat menyulap imaji matahari tenggelam Afrika.

• Furnitur ala Maroko

Ruang interior ala Maroko memiliki pola yang ramai, sementara furniturnya simpel. Sofa dan meja-mejanya menarik dengan posisi yang rendah. Perabotan Maroko mengandalkan elaborasi kerajinan besi tempa, tatahan permata, kayu ukir dengan relief rumit, kain lapis warna-warni, dan mosaik rumit atau tegel terakota.

9


• Kain tenun mewah

Kain tenun yang kaya warna dengan tekstur dan desain ruwet adalah tipikal dekor Maroko. Tambahkan bantal dan cushion yang banyak, dan gantungkan kain mewah yang menjuntai dari furnitur, bingkai jendela, bahkan langit-langit. Ikat kain di tali yang melintang, untuk membagi ruangan sekaligus menambahkan gaya.

• Pencahayaan untuk interior yang eksotis

Pencahayaan adalah elemen penting untuk dekor ala Maroko. Pencahayaan ini berfokus pada cahaya dim (temaram) yang dibuat dengan lampu dan liontin yang terbuat dari kaca berwarna, potongan logam, dan kayu ukir. Pemakaian lilin pada lampu tradisional akan menambahkan elemen romantis pada dekorasi.

10

8

 

• Lantai pada interior ala Maroko

Lantai pada interior ala Maroko ditandai melalui kayu gelap yang ditutupi dengan permadani persia nan mewah dan bantal-bantal yang bertumpuk di lantai. Tegel keramik kerap digunakan untuk lantai dan memberi kesejukan di tengah cuaca yang panas.

• Dekorasi cermin penuh warna

Keberadaan cermin menambah atmosfer interior Maroko. Sebab, ia merefleksikan cahaya dengan lembut dan menambah hiasan pada dinding. Carilah cermin dengan pigura besi tempa dekoratif, kayu ukiran, bingkai berbentuk kubah bawang, juga hiasan berbahan logam atau permata.

• Tanaman untuk dekorasi ala Maroko

Letakkan di pot atau keranjang yang besar, tanaman eksotis seperti pohon pisang atau papirus akan membantu menciptakan suasana oasis di dalam rumah bergaya Maroko.

6

5

4

• Kanopi tambahan

Sutra tipis kaya warna yang dihamparkan di atas tempat duduk atau ruang makan, atau kelambu di atas ranjang menambah sentuhan misterius, mengingatkan tenda bazaar di gurun.

• Aroma Maroko nan sensual

Wewangian yang tepat bisa lekas menghubungkan pikiran dengan suasana bazaar Maroko sekaligus memberikan sentuhan akhir nan sempurna untuk dekorasi ala Maroko Anda. Pilihlah lilin, dupa, atau diffuser dalam aroma yang kaya dengan rempah-rempah, seperti kayu manis, pala, kunyit, atau rempah-rempah eksotis lainnya.

3

1

Bagaimana menurut Anda? Menghadirkan suasana Maroko dalam rumah memang terkesan ribet. Tapi, bagi Anda yang berjiwa dinamis, bukan suatu hal yang mustahil untuk diwujudkan.

 

Sumber:
http://interiordec.about.com
http://www.hgtv.com

1 COMMENT