Reading Time: 2 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
resolusi-hunian-2015

Rooang.com | Apa resolusi Anda di tahun baru 2015? Resolusi tahun baru biasanya berupa target, cita-cita, atau sesuatu yang selama ini belum tercapai. Pernahkah terpikir untuk membuat resolusi tentang rumah? Sering kali kita mengabaikan kebutuhan yang satu ini, untuk mengejar hal lainnya. Tanpa disadari, rumah kita sudah mulai usang dan muncul kerusakan di sana-sini. Nah, tahun depan, kita harus membuatnya jadi lebih baik.

Untuk mewujudkannya, Anda harus memasukkan daftar berikut ini dalam resolusi tahun 2015.

1. Penataan ulang

Sudah berapa tahun rumah Anda ditata dengan gaya yang itu-itu saja? Sebagian rumah bahkan posisi sofanya tidak pernah bergeser selama 20 tahun. Wow! Hanya orang-orang luar biasa yang bisa tahan bosan seperti itu. Berjanjilah pada diri Anda sendiri, bahwa di tahun baru nanti, setidaknya Anda akan menggeser isi kamar tidur. Dengan penataan ulang, posisi duduk dan pemandangan juga berubah. Otak pun bisa lebih segar.

2. Mengecat rumah

Bukan sekadar mengecat rumah, tetapi memberikan sentuhan warna yang berbeda. Ada loh yang warna rumahnya tetap krem sejak dibangun sampai sekarang. Jangan-jangan, Anda juga demikian? Ewhh! Ganti sekarang juga. Ada banyak warna di dunia ini, dan ada ribuan warna yang disediakan untuk setiap brand cat di Indonesia. Berikan kesegaran dan nuansa baru di rumah Anda, sekarang juga.

3. Memperbaiki kerusakan

Genteng yang pecah, dak bocor, saluran air tersumbat, plafon retak, ubin retak, handle jendela yang berkarat dan selip, engsel yang mulai kendor, sampai kapan Anda akan membiarkan semua kerusakan itu? Nyamankah tinggal dalam kondisi tersebut? Tidak, kan? Jadi, segera perbaiki.

4. Rumah hemat energi

Tentu Anda tidak harus memasang panel surya yang harganya puluhan juta itu. Tapi, cermat dalam menggunakan barang-barang di rumah tentu sedikit-banyak akan berdampak positif bagi lingkungan dan alam. Pilih perabot yang hemat energi, gunakan dengan hemat, membeli barang elektronik sesuai kebutuhan, dan pilih yang tidak merusak alam.

5. Rumah yang lebih subur

Tidak ada alasan untuk membiarkan rumah gersang, meski lahan sepenuhnya ditutupi bangunan. Banyak sekali model taman indoor dan cara untuk memiliki tumbuhan di area terbatas. Anda hanya harus disiplin dalam menjaga tanaman tersebut.

6. Belanja untuk rumah

Berapa kali Anda menganggap bahwa aksesoris rumah itu adalah hal yang sia-sia? Ada banyak pernak-pernik menarik di toko perabot rumah tangga, tapi Anda tidak membelinya. Malah sibuk membeli baju yang sebenarnya sudah entah mau ditaruh mana. Meski demikian, tetap saja iri tiap kali melihat liputan rumah yang keren-keren di berbagai media. Segera, Anda harus membeli sejumlah aksesoris dan perkakas baru untuk menghidupkan rumah. Mulai dari beberapa wall art, tanaman pot, bantal sofa, karpet, dan replika-replika yang chic.

7. Tertib memperlakukan rumah

Di tahun baru nanti, Anda harus membuat jadwal harian dalam membersihkan dan menata rumah. Maksimal 2 minggu sekali rumah akan dibersihkan secara menyeluruh. Ganti korden dan sarung bantal sebulan sekali. Cuci karpet sebulan sekali. Bersihkan kamar mandi seminggu sekali. Menyapu dan mengepel setiap hari. Mengelap seisi rumah 2 minggu sekali.

**

Jangan dipilih! 7 hal di atas wajib dilaksanakan di tahun 2015. Mulailah dengan menyusun skala prioritas dan pengaturan waktu. Poin 3 dilakukan segera atau setelah ada dana yang cukup, atau kondisional segera setelah ada kerusakan. Poin 1 dan 2 boleh dilakukan di bulan Februari. Poin ke-5 dan ke-6 di bulan berikutnya. Sementara poin 4 dan 7 harus dilakukan setiap hari. Anda sudah siap? Selamat Tahun Baru!