Reading Time: 2 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
melindungi-furnitur-dari-banjir

Rooang.com | Musim hujan sudah tiba. Di beberapa wilayah bahkan sudah terjadi banjir. Sangat disayangkan, karena banjir sering kali membawa kerugian yang cukup besar, dari segi kesehatan, waktu, maupun materiil. Salah satu hal yang kerap terjadi saat banjir, terutama banjir bandang, adalah rusak dan hanyutnya furniture rumah. Padahal, untuk memilikinya kembali tentu dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk itu, mari kita lindungi furnitur rumah dalam menghadapi banjir dengan cara berikut ini.

1. Siapkan lantai 2

Cara ini paling banyak digunakan dan paling efektif. Agar furnitur tetap aman selama musim penghujan, apalagi saat banjir, letakkan perabotan di lantai 2. Jika rumah hanya memiliki 1 lantai, maka bisa diletakkan di kolong langit-langit, dengan catatan langit-langit dibuat dari dak beton dan atap tidak bocor. Cara tersebut juga hanya berlaku untuk furnitur yang tidak terlalu besar.

 

2. Bungkus kaki furniture

Jika banjir tidak terlalu tinggi, paling tidak kita bisa mencegah jamur dan pengeroposan kayu perabotan dengan cara membungkus kakinya. Membungkus kaki furnitur dengan plastik tebal akan mencegah air masuk ke pori-pori kayu, sehingga furnitur tidak mudah lapuk.

 

3. Ikat agar tidak hanyut

Pada banjir bandang, furnitur berpotensi hanyut terbawa arus banjir yang cukup besar. Sebelum Anda mengungsi, ikatlah semua perabotan penting. Bisa diikat di teralis maupun tiang. Bisa juga dengan mengikatnya jadi satu atau saling terhubung. Furnitur yang diikat jadi satu akan lebih sulit terbawa arus banjir.

 

4. Ditumpuk

Untuk mengurangi jumlah furnitur yang terendam banjir, bisa dengan cara menumpuk satu sama lain. Letakkan furnitur yang lebih kecil seperti nakas dan kursi ke atas furnitur yang lebih besar, misalnya tempat tidur, almari, dan meja makan.

 

5. Mencegah furnitur berjamur

Agar furnitur tidak cepat rusak dan berjamur karena kelembaban udara, secara rutin bersihkan dan jemur furnitur tersebut. Jangan lupa juga untuk menggunakan alat penyerap kelebaban dalam furnitur. Cara lainnya adalah dengan memasang lampu LED di dalam almari, sehingga lemari Anda tetap kering.

 

6. Meninggikan furnitur

Furnitur juga bisa ditinggikan dengan cara memasang kaki tambahan yang terbuat dari krat minuman ringan, seperti yang bisa Anda lihat di gambar berikut ini. Bisa juga dengan menggunakan barang lainnya seperti batako atau benda yang tidak terpakai.

 

7. Digantung

Furnitur berukuran kecil dan ringan, selain bisa ditumpuk di atas furnitur lain yang lebih besar, juga bisa digantung. Pastikan Anda memiliki gantungan yang cukup kuat untuk menahan beban furnitur tersebut. Furnitur yang bisa digantung misalnya: meja setrika, nakas, pouf, kursi lipat, meja ruang tamu, dan stool.

 

Demikian tips cara melindungi furnitur dalam menghadapi banjir. Semoga bermanfaat! Anda punya cara lain? kami tunggu tips-tips Anda di kolom komentar.