Reading Time: 4 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
chinoiserie1

Rooang.com | Chinoiserie adalah tren seni yang cukup fenomenal pada abad ke-17, tepatnya di daratan Eropa. Dulu, karya seni ini masih kental dengan karakter Barat. Tapi kini, chinoiserie sudah mewakili semua kekhasan Cina yang ada di penjuru dunia. Bisa dibilang bahwa ia telah mengalami perluasan makna.

Chinoiserie bisa berupa lukisan, ukiran, patung, tembikar, barang pecah belah, dan bahkan furnitur. Hingga kini, chinoiserie masih sangat diminati, utamanya dalam dunia desain interior yang ingin menampilkan nuansa Negeri Tirai Bambu.

Chinoiserie bisa diaplikasikan pada berbagai elemen dekorasi rumah. Untuk lebih jelasnya, sebaiknya Anda mengenal apa saja unsur dekorasi yang tersedia dalam gaya chinoiserie dan bagaimana tampilannya.

 

1. Wallpaper

Wallpaper chinoiserie sangat mudah didapat. Motifnya seputar alam, bisa berupa gambar awan, burung, merak, tumbuhan menjalar, pohon persik, dan bunga-bunga. Sekilas, motifnya mirip dengan batik pesisir dari Pekalongan. Wallpaper ini bisa ditempatkan di manapun, untuk memenuhi semua dinding maupun sebagiannya.

 

2. Garden seat atau drum table

Anda bisa menyebutnya keramik Cina berbentuk drum. Motifnya sangat kental dengan lukisan khas Tiongkok dan didominasi warna cerah seperti putih-biru atau putih-oranye. Drum table ini biasa digunakan sebagai nakas, tempat duduk untuk taman, atau bisa juga dikreasikan sebagai meja kopi di ruang tamu.

 

3. Lukisan Cina

Semua lukisan yang ‘beraroma’ Cina bisa digunakan sebagai pelengkap dekorasi rumah. Lukisan yang cukup besar akan memperindah headboard dan cocok diletakkan di dinding ruang tamu. Sementara, lukisan atau gambar berukuran kecil akan sangat indah jika disusun rapi dengan pigura warna emas.

 

4. Panel dinding

Panel dinding ala chinoiserie bisa menampilkan lukisan khas Cina. Bisa juga berbentuk rangkaian bambu seperti pintu-pintu tradisional Cina dan Jepang. Saat ini, panel dinding atau biasa juga disebut partisi tidak hanya digunakan sebagai sekat ruangan, tapi juga banyak dipakai untuk pengganti headboard, diletakkan di belakang sofa, atau menghiasi sudut ruangan.

 

5. Meja dan kursi bambu

Bedanya dengan meja-kursi bambu khas Indonesia adalah bahwa chinoiserie lebih banyak menggunakan bambu berukuran ramping. Bambu-bambu ini juga dibentuk sedemikian rupa sehingga tampak kekhasannya dari daratan Tiongkok.

 

6. Guci dan vas

Unsur dekorasi ini mungkin menjadi yang paling familiar di antara kita, tidak lain karena guci-guci dari Cina yang tersohor di seantero jagad. Tapi, pemanfaatannya selama ini masih belum maksimal, sehingga hanya menjadi pajangan di lemari kaca. Guci-guci tersebut bisa digunakan sebagai vas maupun wadah aksesoris.

 

7. Lemari dan rak

Lemari dan rak bergaya chinoiserie identik dengan ukiran atau lukisan khas Cina-nya. Lukisan yang biasa terdapat di lemari adalah lukisan naga, pohon, bunga, dan burung. Anda bisa mendapatkan almari dan rak seperti ini di toko barang antik atau memesannya. Lemari lebih cocok digunakan sebagai tempat baju, sedangkan raknya lebih fleksibel untuk ditaruh di foyer, ruang tamu, maupun ruang keluarga.

 

8. Pecah belah

Pecah belah chinoiserie memiliki corak yang senada dengan corak di gucinya, tetapi menggunakan warna yang lebih bervariasi. Barang pecah belah ini dijual sebagai hiasan dinding maupun alat makan sehari-hari. Piring chinoiserie yang biasa dipajang memiliki stand untuk diletakkan di meja dan lubang untuk digantung di dinding. Susun secara berjajar dengan motif-motif lainnya untuk mempercantik ruangan Anda.

 

9. Ragam bentuk

Gaya chinoiserie juga bisa kita temukan dalam bentuk lain, misalnya lampu dengan cover bentuk pagoda atau kanopi ranjang berbentuk atap rumah adat Tiongkok.

 

10. Tekstil

Motifnya hampir sama seperti wallpaper. Namun, biasanya untuk tekstil motifnya lebih beragam. Ada juga motif istana, gazebo, ombak, penduduk desa, pagoda, maupun bentuk yang geometris dan desain baju Cina.

 

Berminat mencoba desain interior bergaya chinoiserie? Terapkan tips di atas, lalu share foto rumah Anda di Rooangku.

 

Sumber:
www.elledecor.com
en.wikipedia.org
www.houzz.com