Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
tips-mendekorasi-dengan-warna-vibran

Rooang.com | Belakangan ini warna-warna vibran atau warna yang menyala kembali digemari karena aura semangat dan keceriaan yang melekat. Interior bangunan pun tak luput dari kesegaran warna ini. Tapi, tidak semua orang berani bereksplorasi karena warna ini cukup ‘berisiko’. Pemilihan warna yang tidak tepat dan memadukannya dengan perabot yang tidak serasi akan membuat ruangan jadi aneh. Apalagi warna vibran bisa sangat mencolok mata dan mengganggu pemandangan.

Nah, biar tidak salah dalam mendesain interior dengan warna vibran, Anda perlu menyimak panduan berikut ini.

Cara memberi warna dinding


Agar tidak terlalu mencolok, gunakan warna vibran favorit Anda sebagai motif stensil. Perhatikan cara membuat stensil di dinding dengan benar agar hasilnya tampak indah. Selain stensil, warna vibran bisa diterapkan untuk memberikan corak ombre di dinding. Corak ombre adalah corak gradasi warna. Ada banyak aneka motif ombre yang bisa diterapkan.

 

Motif perkakas dan aksesoris


Bantal sofa yang bermotif bunga-bunga dengan warna vibran sebaiknya disandingkan dengan bantal lain yang warnanya lebih lembut. Warna ini akan cocok diletakkan di sofa berwarna solid. Warna vibran bisa menciptakan gaya retro. Caranya, pilih karpet bermotif etnik lalu dipasang di lantai semen ekspos atau lantai keramik warna abu-abu atau kuning tua. Dari segi ukurannya, pilih motif vibran yang kecil. Hindari memilih motif bunga besar untuk korden maupun bantal sofa.

 

Proporsi


Karena merupakan jenis warna yang memiliki efek terang menyala, maka sebaiknya penggunaan warna vibran tidak sampai mendominasi ruangan. Gunakan warna ini hanya sebagai aksen di aksesoris, salah satu sisi dinding, atau sebagai warna salah satu furnitur. Proporsi ini harus disesuaikan dengan ukuran ruangan. Perbandingan antara warna vibran dengan keseluruhan komponen ruangan maksimal adalah 35:100.

 

Tahu tempatnya

Pemilihan warna akan memberikan efek tertentu pada setiap ruangan. Sebaiknya jangan gunakan warna vibran di ruang belajar, ruang kerja, kamar tidur, dan ruang dandan. Selain mengganggu konsentrasi dan ketenangan, warna vibran bisa membuat kita salah menafsirkan warna.Boleh menggunakan warna ini, tapi dalam skala yang kecil, misalnya pada kap lampu.

 

Kombinasi warna


Warna vibran harus dikombinasikan dengan warna netral, misalnya beige, putih, abu-abu. Bisa juga dengan warna lain yang mendekati netral dan lembut. Hindari meletakkan barang-barang berwarna vibran secara berdekatan.

**

Dengan mengetahui caranya, warna vibran akan tampil sangat menarik di interior ruangan. Selamat mencoba!