Reading Time: 4 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
24

Rooang.com | Sudah bukan rahasia lagi kalau penduduk di dunia semakin lama semakin besar. Permintaan yang tinggi terhadap tempat tinggal tidak diimbangi dengan jumlah lahan yang terdapat di perkotaan, sehingga menyebabkan harga beli dan sewa akan rumah terus meningkat. Beberapa desain akan apartemen murah sering menjadi solusi untuk menyelesaikan permasalahan keterbatasan ini dan menggantikan perumahan rakyat konvensional. Kontroversi akan struktur sosial yang dianggap berubah pada perumahan vertikal (apartemen) menjadi tantangan besar arsitek untuk dipecahkan.

Nah, di penghujung tahun kali ini, Rooang akan berbagi kepada para pembaca apa saja tren apartemen selama tahun 2014. Solusi desain seperti apakah yang biasanya diambil para arsitek untuk menciptakan hunian vertikal yang murah, hijau, tetapi juga sanggup menampung kebutuhan interaksi sosial masyarakat di dalamnya. Silahkan disimak!

  1. Menjadi Populer-nya Tema Sustainable Design

Ya, pada tahun 2014 banyak apartemen menyatakan bangunannya merupakan desain yang berkelanjutan. Sebenarnya, ada banyak pertimbangan untuk dapat menyebut sebuah bangunan sustainable atau tidak. Salah satunya dapat dengan cara menggunakan kembali bangunan lama seperti apartemen Savonnerie Heymans di Brussels oleh MDW Architecture. Ia menggunakan bekas pabrik sabun dan membangun 24 tempat tinggal yang low-energy. Proyek ini ingin menjaga beberapa sejarah pabrik, sehingga beberapa elemen seperti batu bata tetap digunakan dengan fungsi yang berbeda.

1c

1b

1d

 

Kaca yang digunakan pada jendela pun merupakan jenis khusus yang mampu menghalangi panas berlebih dari cahaya matahari, sehingga dapat mengurangi penggunaan AC. Pemanasan air untuk mandi didapatkan dari solar panel. Apartemen juga menyediakan sistem penampung air hujan yang dapat diolah untuk air toilet, pemeliharaan gedung, dan menyiram tanaman. Pada area luar terdaoat taman outdoor untuk berjalan-jalan dan bermain, serta berfungsi untuk mengurangi gap sosial antara masyarakat di dalam apartemen dengan orang-orang di sekitarnya.

1a

1

 

Hmm, apa anda setuju kalau Sustainable Design sempat menjadi topik menarik untuk beberapa apartemen lain?

 

  1. Adanya Green Roof dan Skygarden sebagai Area Publik

Berlomba-lombanya kemunculan desain yang menggunakan green roof terbukti masih menjadi salah satu poin yang menarik di mata investor dan pembeli apartemen. Tentunya, interaksi sosial di area green roof menjadi salah satu faktor yang dapat menarik perhatian di tahun 2014. Apa sih yang membuat green roof begitu menarik? Sebagai contoh, kita bisa menilik apartemen berikut ini yang bernama Via Verde dan terletak di South Bronx Kota New York.

2b

2a

Apartemen Via Verde memiliki green roof seluas 34.000 m2 yang memiliki fungsi utama sebagai insulasi bangunan dan pendingin alami. serta berfungsi untuk tempat berjalan-jalan, bercengkrama dengan tetangga, menanam bunga dan tumbuhan bagi penghuni. Pada lantai yang lebih bawah, apartemen menyediakan area untuk fitness, berkebun, dan juga urban farming. Sehingga hunian vertikal tidak menjadi halangan bagi penghuni untuk tetap menikmati taman yang luas di tengah kota. Tidak lupa juga, terdapat panel photovoltaic pada area paling atas gedung yang memungkinkan apartemen untuk mengurangi penggunaan energi aktif.

2c

 

  1. Permainan Grid dan Fasad “Maju Mundur”

Seolah kembali lagi ke era modernism, perancang jaman sekarang harus memutar otak lagi untuk mendesain apartemen fungsionalis. Tidak banyak hiasan dinding, tidak banyak estetika, tetapi kebutuhan akan tempat tinggal yang nyaman terpenuhi dengan maksimal. Oleh karena itu, bentukan compact seperti kotak menjadi pilihan utama para perancang.

Nah, permainan fasad yang dapat diaplikasikan pada bangunan adalah pada grid dan menonjolkan beberapa elemen. Contoh yang menarik adalah seperti pada apartemen di bawah ini yang memainkan efek ‘maju’ dari balkon unitnya seolah keluar dari dinding ataupun dengan permainan pada jendela unit.

3

3a

3b

 

  1. Penggunaan Material Tradisional

Back to nature! Ya, tren penggunaan material-material tradisional seperti batu bata, kayu, dan bambu memang menjadi topik utama beberapa arsitek. Meskipun banyak budget yang harus dikeluarkan dalam hal perawatan, tetapi tidak ada salahnya menggunakan material tersebut untuk menambah kehangatan di dalam bangunan apartemen. Terutama untuk area-area dengan temperatur rendah di Indonesia.

Rooang telah merangkum eberapa contoh penggunaan batu bata, kayu, dan bambu sebagai elemen arsitektural eksterior apartemen. Tidak jarang, dengan teknik pemasangan yang baru dapat membuat material lokal tersebut up-to-date dengan penampilan perkembangan tren masa kini.

4

4a

4b

 

 

Itu tadi beberapa tren desain apartemen selama tahun 2014. Anda punya tren lain yang belum kami sebutkan di sini? Silakan share lewat kolom kami di Rooangku!

10 COMMENTS

  1. One of the neatest features of Tattoomenow, is that you can combine two tattoo designs.
    While some of you may remain the same, most people change.

    Find out how long they have been doing it and ask to see a portfolio of their work.

    Maori tribes perceive tattoos as a sacred tradition.

  2. We also provide easy-to-understand articles that will education you to select the right model for your
    needs. Attending a welding school, you will have the
    opportunity to be trained in all of the types of welding applications – you
    will be able to find something that you really enjoy.

    The result of improved business efficiency is reduced
    operational costs, improved profitability, and more solid business management.

    There have to be enough computers for students to use.