1. New Media Tower – Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

New Media Towerimage credit

Gedung abu-abu mirip iglo ini menerapkan desain pasif untuk menghemat penggunaan energi. Desain pasif ini di antaranya dengan penentuan arah (orientasi) bangunan, penggunaan fasad double skin yang terbuat dari lembaran aluminium dengan lubang pori-pori yang dirancang untuk mengatur intensitas panas dan cahaya matahari. Gedung 12 lantai ini pun mampu menghemat energi hingga 53,25 kWH per tahun per meter persegi.

Dinding gedung ini berpori dengan diameter tiap lubang berbeda sesuai perhitungan tertentu untuk menghasilkan cahaya maksimal. Sedangkan campuran super foam dengan beton membuat dinding bisa mengurangi panas dan mampu meredam suara. Tak heran jika gedung ini pun berhasil menyabet juara pertama sebagai Energy Efficient Building kategori Tropical Building dalam ASEAN Energy Award 2014.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5


Loading…

SHARE YOUR LIFE TIPS!

Kamu punya konten yang menarik mengenai ruangmu, tempat tinggalmu, atau kehidupanmu? Share di Rooang.com, dan biarkan karyamu menginspirasi para pembaca di seluruh Indonesia!