Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
trik-interior-ala-ahli

Rooang.com | Anda tentu sering kali tidak habis pikir “Bagaimana bisa orang-orang itu mendesain ruangan sedemikian rapi dan enak dilihat? Sudah mencoba trik-trik desain interior, tapi tidak juga berhasil menciptakan ruangan yang oke.”

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, hal paling penting yang harus kita lakukan adalah melihat poin ini dari sudut pandang para desainer interior, dan bagaimana sebenarnya mereka merencanakan desain yang menarik. Tidak ada yang tidak bisa dipelajari. Berikut ini 10 hal yang harus kita ketahui tentang cara para ahli mendesain interior.

1. Tentukan warna dinding di tahap terakhir

 

Banyak orang mengira, sebelum ia resmi pindah rumah, rumah yang baru harus dicat terlebih dahulu. Dengan begini, nantinya tidak perlu mengecat lagi setelah semua barang masuk. Sedangkan menurut ahli, mengecat dinding adalah tahap terakhir, karena kita baru akan tahu warna background yang pas setelah semua barang dimasukkan. Kita tidak akan bisa menebak pasti warna apa yang tepat sebelum semua barang masuk dan dipajang.

2. Berikan jarak untuk furnitur

Agar tidak terlihat sesak dan penuh, setiap furnitur harus diletakkan secara berjarak satu dengan lainnya. Selain mencegah kesan sesak, furnitur yang ditata dengan jarak akan memberikan kesan mewah dan minimalis.

3. Jangan terlalu mengacu pada tema

Bayangkan misalnya Anda merancang kamar anak bertema film Disney “Frozen”. Lalu Anda pun membeli semua pernak-pernik bergambar Elza dan Anna, mulai dari bedcover, ranjang, lemari pakaian, meja belajar, stiker dinding, dsb. Maka jadinya akan nampak membosankan.

Berikan motif tersebut hanya pada beberapa benda, misalnya poster Frozen dan meja lipat. Gunakan warna biru dan putih untuk dinding, lalu bedcover polos warna ungu. Sisanya biarkan netral. Tambahkan wallstiker bermotif salju. Ini sudah menciptakan nuansa Frozen, tanpa Anda harus memberikan gambar Elza di semua benda.

4. Focal point

Pilih hal apa yang paling Anda sukai, atau menurut Anda akan jadi hal yang paling menarik, lalu letakkan itu dalam ruangan. Hanya satu saja, di titik yang paling terlihat. Misalnya berupa dinding warna vibran dengan rak berbentuk unik atau koleksi lego di rak besi. Agar focal point ini terlihat bagus, pilihlah warna dan benda yang netral di sekitarnya.

5. Pencahayaan berlipat

Memang terkesan boros listrik, tapi kenyataannya, kalau mau tampilan interior lebih maksimal, Anda perlu memasang lampu di sana-sini. Sisipkan lampu di kitchen cabinet, pendant lamp di atas meja makan, chandelier di ruang tamu, spot lamp untuk menyinari hiasan dinding atau focal point, dan standing lamp di area baca.

6. Tunjukkan passion

Ruangan yang paling nyaman adalah ruangan yang bisa bercerita tentang Anda dan cita-cita atau passion yang dimiliki. Jika Anda suka travelling, letakkan beberapa barang yang Anda dapatkan selama bepergian, misalnya kain tenun atau patung-patung. Dengan begini, rumah Anda tidak hanya indah, tapi bisa bercerita.

Setelah mengetahui bagaimana cara desainer merancang ruangan yang modis, Anda perlu mulai mencontohnya untuk diterapkan di rumah. Jangan lupa, bagikan juga foto-fotonya di Rooangku.

Sumber:
www.houzz.com