Reading Time: 2 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
1

Rooang.com | Di tahun baru ini, Anda mungkin telah berencana menjual rumah Anda. Tapi, Anda masih kebingungan bagaimana memulainya. 10 Rahasia di bawah ini bisa Anda jadikan panduan.

 

Rahasia #10: Tetapkan Harga yang Tepat

Cari tahu nilai rumah Anda. Kemudian tentukan margin bawah penjualan senilai 15-20 persen dari harga. Pembeli akan menyerbu Anda dengan berbagai macam penawaran. Anda harus berani dengan harga yang Anda tetapkan. Kebanyakan penjual tidak berani ambil risiko ini. Padahal inilah strategi tunggal yang jitu.

 

Rahasia #9: Lemari Setengah Kosong

Area penyimpanan adalah hal yang selalu dicari tiap pembeli dan kerap kali tidak pernah cukup. Ambil setengah barang dari lemari Anda, lalu rapikan yang tertinggal di situ. Pembeli akan memeriksanya. Pastikan lemari dan kabinet Anda bersih dan rapi.

 

Rahasia #8: Maksimalkan Pencahayaan

Maksimalkan pencahayaan di rumah yang hendak Anda jual. Setelah lokasi, pencahayaan yang baik adalah hal yang selalu jadi pertimbangan pembeli. Turunkan tirai, bersihkan jendela, ubah penutup lampu, tingkatkan watt bola lampu, dan potong semak-belukar di luar rumah agar sinar matahari mudah menerobos ke dalam rumah. Lakukan apa pun untuk membuat rumah Anda terang dan tampak ceria. Ini akan membuatnya kian layak jual.

 

Rahasia #7: Kerja Sama dengan Agen

Jika Anda hendak menjual rumah lewat makelar, pastikan ia menguasai semua informasi tentang rumah Anda. Mereka harus terus-menerus memantau beberapa layanan listing dan tahu properti apa yang sedang hit di pasaran. Carilah makelar yang melek teknologi dan tahu bagaimana memanfaatkannya agar rumah Anda terjual.

 

Rahasia #6: Sembunyikan Piaraan Anda

Mungkin Anda mengira anjing yang Anda piara akan menarik hati seorang pembeli potensial. Tetapi, Anda salah. Tidak semua orang penyuka anjing atau kucing. Pembeli tidak akan tahan berkeliling melihat rumah dengan mangkuk makanan anjing atau kotak tidur kucing yang bergeletakan sembarangan. Atau ada bulu-bulu hewan yang rentan menempel di baju pembeli. Ini akan memberi kesan bahwa rumah Anda tidak bersih. Jika Anda memang berencana untuk mengadakan open house, titip saja sementara hewan-hewan piaraan Anda ke pet shop.

Itulah 5 tip pertama yang perlu Anda coba. Simak tip lainnya di artikel berikutnya, ya?