Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
14

Rooang.com | Inspirasi bisa diperoleh dari mana saja. Cerita orang-orang, buku yang dibaca, film yang ditonton, saat berjalan-jalan, atau pindah ke suatu kota. Asupan informasi dan pengalaman berbeda yang diperoleh dari itu semua bisa mendorong seseorang untuk berkarya. José Guizar, salah satunya.

Desainer grafis muda kelahiran Meksiko ini, sejak 2011 pindah ke New York, Amerika Serikat. Ia bekerja di Huge, sebuah agensi digital global, sebagai art director. Sejak pindah ke kota yang dijuluki ‘Big Apple‘ itu, José telah jatuh cinta pada jendela-jendela yang beragam nan eklektis di kota tersebut. Ia pun menyalurkan obsesinya dengan tiap minggu membuat ilustrasi jendela. Lantas, ia unggah ke situs dengan proyek bertajuk “Windows of New York“.

José mendeskripsikan proyek ini sebagai “hasil dari langkah yang tak terhitung jumlahnya selama menyusuri jalanan kota.” Dan, tiap jendela yang ia ilustrasikan adalah yang benar-benar menarik perhatiannya. Bagi José, proyek ini adalah “ode untuk arsitektur sekaligus bagian dari upaya menantang diri agar tidak berhenti mencari.”

Desainer yang telah mengerjakan sejumlah proyek desain dan ilustrasi untuk Harper’s Bazaar, New York Magazine, The Wall Street Journal, dan banyak lagi ini mengungkapkan, bahwa pendekatannya dalam mengerjakan proyek ini dipengaruhi oleh ketaklekangan modernisme dan budaya visual yang hidup di negara asalnya, Meksiko.

Karya-karya José ini menampilkan kesederhanaan. Memandang lama-lama pada ide simpel yang ia wujudkan dalam bentuk ilustrasi tersebut sungguh menyegarkan pikiran. José memiliki kepekaan yang kuat pada warna. Begitu pula pada detail yang ia buat. Mulai dari jendela Victoria, jendela kapal, hingga jendela dengan palang-palang besi.  Jendela-jendela ini benar-benar beragam, seberagam kehidupan di New York yang ia geluti sehari-hari.

Kabar baiknya, proyek José ini tidak hanya dinikmati oleh khalayak. Ia pun menginspirasi desainer perempuan, Nara Rosetto, untuk melakukan hal yang sama. Bedanya, Nara membuat ilustrasi-ilustrasi jendela São Paulo, kota terbesar di Amerika Selatan. Kota yang juga merupakan kediaman Nara.

Coba saja berkunjung saja ke situs “Windows of New York“. Dan, temukan diri Anda terpesona pada kesahajaan ilustrasi José Guizar.