Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
12

Rooang.com | Setelah menyimak 5 rahasia pertama, Anda tentu tidak sabaran untuk mengetahui 5 rahasia berikutnya, kan?

Nah, ini dia!

Rahasia #5: Jangan Permak Berlebihan

Merenovasi rumah sebelum menjualnya memang baik. Ini biar pembeli kian tertarik. Tapi, jangan berlebihan karena biaya akan membengkak. Tidak ada jaminan kalau biaya renovasi akan tertutupi dari harga penjualan. Sebaiknya, lakukan permak kecil-kecilan saja, semisal: mengecat ulang dinding, membersihkan tirai, atau membeli beberapa tirai baru sekalian. Ganti gagang pintu dan perangkat keras kabinet. Pastikan juga pintu kloset dalam kondisi baik. Perbaiki keran dan bersihkan lubang sampah di halaman belakang.

 

Rahasia #4: Singkirkan ‘Pribadi’ Anda dari Rumah

Salah satu hal yang paling penting dilakukan ketika menjual rumah adalah mengurangi atau bahkan menyingkirkan hal-hal personal diri Anda. Semakin banyak hal pribadi di rumah Anda, potensinya terjual kian berkurang. Mereka tak dapat membayangkan diri tinggal di situ. Singkirkan sepertiga dari barang-barang Anda – masukkan di penyimpanan, termasuk foto keluarga, koleksi memorabilia, juga kenang-kenangan pribadi.

 

Rahasia #3: Jual Dapur Anda Terlebih Dahulu

Sebenarnya, Anda tidak menjual rumah Anda, tapi menjual dapur Anda. Kok, bisa? Iya, begitulah pentingnya dapur. Keuntungan dari merenovasi dapur itu mungkin tidak Anda duga. Anda kemungkinan besar mendapatkan 85% uang Anda kembali kalau dapur yang Anda renovasi. Jika dapur Anda tampak kinclong, pembeli takkan ragu untuk merogoh kocek lebih dalam. Mutakhirkan dapur Anda dengan lukisan juga perangkat kertas kabinet yang baru. Gunakan cat dengan warna netral sehingga masih tersisa ruang bagi pembeli untuk mempersonalisasikan dapur. Jika duit Anda masih cukup, cobalah beli seperangkat peralatan stainless steel yang mewah. Pembeli yang melihat satu peralatan mewah di dapur akan berpikir bahwa benda-benda lainnya di dalam rumah ini pasti mahal juga.

 

Rahasia #2: Selalu Siap Ditunjukkan

Rumah Anda harus selalu bisa ditunjukkan kapan saja. Sebab, Anda tidak pernah tahu kapan pembeli akan datang mengecek. Anda harus sedia tiap kali mereka ingin datang melihat tempat. Tentu saja Anda harus pastikan kondisinya prima. Jangan tinggalkan piring di wastafel. Pastikan dishwasher Anda bersih. Kamar mandi harus tampak mengilap. Jangan biarkan debu setipis pun menempel di sudut. Memang, ini agak merepotkan, tapi Anda akan puas karena rumah Anda besar kemungkinan bisa terjual.

 

Rahasia #1: Kesan Pertama Harus Menggoda

Tak peduli seberapa bagus interior rumah Anda, pembeli akan menjatuhkan penilaian tepat begitu mereka masuk lewat pintu. Anda tidak pernah memiliki kesempatan kedua untuk membuat kesan pertama. Penting kiranya membuat pembeli merasa hangat, diterima, dan aman ketika mereka berada di rumah yang hendak Anda jual itu. Rapikan eksterior rumah Anda dengan rerumputan dan bebungaan berwarna cerah. Atau di lorong masuk, letakkan vas bunga. Ini laiknya sambutan hangat buat mereka.

Bagaimana, Sobat Rooang? Anda tak perlu bingung lagi kan sekarang?