Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
toilet-pintar

Rooang.com | Bukan hanya ponsel, TV, dan AC saja yang bisa jadi perangkat pintar kita di rumah. Kini, tren toilet pintar juga mulai menjalari dunia teknologi di dunia. Sejumlah produsen perangkat kamar mandi pun berlomba-lomba menciptakan toilet pintar ala mereka. Tapi, apakah benar-benar pintar?

Mari kita awali dengan menjawab pertanyaan “Mengapa toilet itu disebut dengan toilet pintar?” Well, bisa jadi karena banyaknya fitur-fitur canggih berteknologi tinggi. Salah satunya adalah menyiram bagian belakang tubuh penggunanya dengan gelombang khusus. Dikatakan khusus karena Anda bisa memilih jenis-jenis cipratan yang diinginkan, mau yang deras atau yang lembut. Bagian dudukannya juga bisa dinaikturunkan, loh! Bahkan suhu air bisa diatur, mau yang berapa derajat atau seberapa hangat. Canggih, bukan?

OVE Smart Toilet
Fitur Satis Toilet

Fitur lainnya adalah pengharum. Seperti yang Anda tahu, bahwa masalah utama toilet adalah seringnya mengeluarkan bau tidak sedap, apalagi jika tidak disiram dengan benar. Nah, para produsen berusaha menyelesaikan masalah ini dengan menghadirkan pengharum otomatis. Anda bisa mengatakan fitur ini perlu atau tidak perlu, nyatanya masalah bau di toilet itu sudah bisa diatasi dengan pewangi tempel atau sekadar membawa parfum saat ke toilet.

Khawatir harus ribet mengeringkan bagian tubuh dengan tisu? Kini tidak lagi jika Anda menggunakan toilet pintar. Toilet pintar dirancang secara khusus agar tubuh Anda cepat kering. Sesaat setelah semua dibersihkan, toilet akan mengeluarkan udara panas (seperti dari hair dryer) ke tubuh Anda. Selama buang air, Anda bisa juga menghilangkan kejenuhan dengan fitur pemutar musiknya.

Jika belum puas dengan ketiga fitur tersebut, mungkin Anda akan tertarik dengan fitur remote control. Dengan toilet pintar, Anda bisa mengatur nyala air dan segala fitur lainnya cukup dengan menekan tombol remote control. Bahkan toilet pintar merk Satis keluaran Jepang bisa dioperasikan dengan mengunduh aplikasi My Satis, lalu mengoneksikan bluetooth pada smartphone Android. Jadi, dari jarak jauh pemilik ponsel Android bisa mengatur debit air pembersih bagian tubuh, suhu air, bahkan menaik-turunkan dudukannya.

Anda mengira bahwa konektivitas toilet dengan smartphone adalah fitur yang canggih? Jangan senang dulu, karena nyatanya fitur ini mendapat cukup banyak sindiran. Aplikasi My Satis bisa dengan mudah diunduh oleh semua ponsel Android, baik itu si pemilik toilet atau bukan. Bayangkan saja, bagaimana jadinya kalau aktivitas Anda di toilet diganggu oleh anak Anda yang sedang usil, yang menaikturunkan dudukan atau memanaskan airnya?

Untuk meningkatkan kenyamanan penggunanya, toilet-toilet pintar juga dilengkapi dengan penghangat dudukan. Jadi, saat musim dingin atau cuaca dingin seperti sekarang ini, Anda bisa menghangatkan tubuh meski celana sedang dilepas. Sangat unik, bukan?

Numi Toilet dari Kohler

Remote control Numi Toilet

Selain fitur-fitur canggih berteknologi tinggi, tentunya si desainer juga merancang tampilan yang berkelas. Numi Toilet dari Kohler mengandalkan warna-warna elegan (hitam dan putih) dan tutupnya yang bisa terbuka secara otomatis. Keran penyiramnya juga akan muncul tiba-tiba dengan motion yang elegan, ditambah lampu belakang yang nampak mewah. Menurut kabar yang beredar, Miley Cyrus sudah memilikinya. Anda berminat mengikuti langkah penyanyi ini?

Selain Satis dan Numi, merk toilet pintar lainnya adalah OVE. Harga toilet-toilet ini berkisar antara Rp 17 juta sampai Rp 70 juta. Ya, untuk sebuah kenyamanan saat buang air, Anda perlu (atau mungkin tidak perlu?) mengeluarkan uang sebesar itu. Bagaimana? Berminat memesannya? Atau mungkin Anda lebih menyukai toilet duduk biasa yang cukup dilengkapi penyiram? Pilihan kembali di tangan Anda. Bijaklah mempelajari produk sebelum membelinya.

Sumber:
www.kohler.com
www.homedepot.com
www.costco.com
www.apartmenttherapy.com
www.dailymail.co.uk