Reading Time: 4 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
tips-memilih-tanaman-rambat

Rooang.com | Aneka Tanaman rambat sering membuat kita berlama lama di toko tanaman. Salah satu trik untuk menghias area eksterior adalah dengan menanam tanaman rambat. Tanaman rambat biasa ditanam untuk menghias dinding maupun pergola atau kanopi. Tanaman rambat sendiri terdiri atas tanaman berkayu dan tanaman batang lunak. Tanaman kayu biasanya lebih sulit diatur karena batang kayunya keras, sehingga lebih sulit diarahkan untuk mengikuti alur sulurnya.

Aneka tanaman rambat yang bisa ditanam untuk area eksterior rumah.

1. Dolar rambat (Ficus Pumila)

Tanaman dollar paling banyak digunakan untuk ditanam melapisi dinding luar rumah. Dollar terdiri atas yang berdaun lebar dan yang berdaun kecil. Tanaman ini tidak berbunga, hijau sepanjang tahun, dan bisa tumbuh sangat lebat. Akarnya bisa menembus dan merusak dinding, jadi Anda harus selalu berhati-hati dan mengawasi pertumbuhannya.

2. Morning glory

Morning glory memiliki banyak spesies dengan beragam warna cerah. Tanaman berbunga ini bisa tumbuh baik di wilayah yang kurang bersahabat, baik cuaca sangat dingin maupun panas, sehingga banyak digunakan untuk ditanam di pergola/kanopi. Dalam bangunan modern, morning glory ditanam sebagai vertical garden untuk mengurangi penggunaan pendingin udara.

3. Mandevilla

Mandevilla berbunga kuning, putih, merah muda, dan merah. Batangnya tidak selalu mengikuti sulur jadi sesekali perlu ditali dengan rafia, jika ingin tumbuhnya mengikuti alur pergola. Tanaman ini cukup kuat menahan serangan hama serangga dan mudah tumbuh di iklim tropis.

4. Petrea

Petrea adalah tanaman hias berbunga dengan warna dominan ungu kebiruan (Petrea Volubilis). Ada juga yang berwarna putih (Petrea Arbiflora). Tanaman ini berasal dari Amerika Latin, namun bisa tumbuh sumbur di semua wilayah beriklim tropis seperti Indonesia. Bunganya sendiri sangat lebat di seluruh batang. Pohonnya bisa sangat lebat dan memenuhi media tanam.

5. Hedera

Hedera dipercaya sebagai salah satu tanaman pembersih udara. Tumbuhan ini terdiri atas beberapa pesies, yang berdaun hijau mengkilap, berdaun agak panjang, dan yang berdaun hijau dengan corak putih. Meski banyak dijumpai sebagai tanaman gantung, hedera juga kerap digunakan sebagai tanaman rambat penghias dinding ataupun kanopi.

6. Alamanda

Sekilas alamanda sangat mirip dengan mandevilla, tetapi bentuk kelopaknya berbeda. Alamanda berwarna kuning atau merah muda, dan bisa tumbuh sangat lebat. Tumbuhan ini biasa ditanam sebagai pagar hijau. Jika hendak menjadikannya tanaman untuk pergola, pastikan pergola Anda memiliki rangka yang kuat, karena alamanda tumbuh sangat lebat.

7. Air mata pengantin

Pada dasarnya, tumbuhan berbunga kecil ini adalah gulma. Namun, karena keindahan bunga dan mudahnya perawatan dan nyaris tanpa pemupukan, Anda bisa menjadikannya sebagai tanaman hias di halaman rumah. Jangan lupa untuk memangkasnya karena air mata pengantin tumbuh sangat cepat.

8. Wisteria

Wisteria adalah tumbuhan subtropis, jadi akan cukup sulit menanamnya di Indonesia. Dibutuhkan kecermatan dalam perawatannya, terutama saat proses pembibitan dan pemindahan ke tanah. Wisteria adalah tanaman rambat berkayu yang bisa tumbuh hingga sepanjang 20 meter sampai usia ratusan tahun. Sayangnya ahrga wisteria cukup mahal karena sulit dibiakkan.

9. Flame of Irian (Mucuna Bennetti)

Dinamai demikian karena bunga terdiri atas untaian yang cukup besar dan berwarna oranye kemerahan. Bunga ini cukup langka, sehingga harganya tergolong mahal. Namun, pertumbuhannya cukup cepat dan mudah dirawat. Ada versi yang berwarna biru, namanya jade vine (bunga giok).

10. Shower orchid (Congea Tomentosa)

Shower Orchid memiliki keunggulan kelopak bunga yang tidak mudah rontok dan penanaman yang mudah (hanya butuh pemupukan 4 bulan sekali). Meski bernama orchid, tanaman ini sama sekali bukan termasuk jenis anggrek. Bunga ini sangat menyukai panas matahari jadi cocok untuk penutup pergola.

Selain tanaman-tanaman di atas, tumbuhan rambat yang biasa digunakan adalah mawar, bougenville, dan melati. Tumbuhan rambat akan sangat pas untuk menambah keindahan dinding eksterior dan taman Anda. Jangan lupa untuk merawat secara rutin sesuai kebutuhan tiap jenis.

7 COMMENTS