Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
lift-tertinggi-di-dunia

Rooang.com | Berapakah ketinggian lift yang pernah Anda naiki? 20 lantai? 30 lantai? Di manakah letak lift tertinggi di dunia? Hotel? Gedung perkantoran? Wah, berarti Anda belum pernah naik lift yang satu ini. Lift ekstrim ini lain daripada yang lain dan pastinya bisa membuat penumpangnya merinding. Kenapa?

Lift yang pada tahun 2013 dinobatkan Guinness Book Records sebagai lift tertinggi, tercepat, dan mengangkut paling banyak penumpang ini terletak di Taman Nasional Hutan Zhangjiajie, Cina. Taman nasional ini memiliki pilar-pilar batu yang menjulang tinggi. Nah, lift tertinggi yang bernama Lift Bailong ini akan menaikan penumpang ke salah satu puncak pilar batu tersebut.

Konstruksi

Lift Bailong disebut juga dengan Lift Seratus Naga. Lift ini dirancang dan dibangun oleh perusahaan pembuat lift ternama dari Jerman, Rangger, dan menghabiskan dana sampai 180 juta Yuan. Mulai dibangun pada Oktober, 1999 dan baru dibuka untuk publik pada tahun 2002. Lift ini sangat luar biasa karena tingginya mencapai 335 meter. 326 meter di antaranya adalah tinggi rail lift tersebut. Lift Bailong terdiri atas 3 lift yang saling berjajar. Setiap lift-nya bisa mengangkut sampai 50 penumpang dengan kecepatan 3m/detik. Para penumpang bisa menikmati pemandangan selama naik lift karena lift dibuat dari kaca.

Konstruksi lift bailong sengaja dibuat di sisi gunung dengan pemandangan yang paling indah, sehingga pengunjung bisa leluasa menikmati keindahan hutan tersebut. Dari lift ini, pengunjung juga bisa melihat pemandangan Jembatan Yuanjiajie, Desa Wulong, Desa Yangjiajie, dan masih banyak lagi pemandangan menakjubkan lainnya. Lift ini merupakan perpaduan antara alat-alat dan jalur transportasi yang sudah ada, sehingga para wisatawan bisa menikmati semua keindahan dalam sekali jalan.

Kontroversi

Banyak kontroversi seputar pembangunan lift ini. Kalangan trekker tentu menyayangkan pembangunannnya karena merasa bahwa mendaki gunung yang sebenarnya haruslah merasakan sensasi perjalanan yang tidak mudah dan penuh tantangan. Di sisi lain, pecinta lingkungan juga menyayangkan adanya penggalian gunung yang akhirnya merusak situs alami gunung Tianzi. Pembangunan lift ini dianggap sebagai pengrusakan alam. Selain itu, para ilmuwan menilai bahwa ada upaya sengaja untuk mengomersialkan situs warisan dunia ini. Lift Bailong dibangun untuk menarik lebih banyak pengunjung, yang pada akhirnya akan menambah pengrusakan alam.

Namun menurut pemerintah, jalur pendakian yang ada, meliputi kereta gantung dan jalan jalur trekking, membuat para wisatawan menginap selama berhari-hari. Dan, ini meningkatkan jumlah sampah yang dihasilkan di area tersebut. Dengan adanya Lift Bailong ini, para wisatawan tidak perlu berlama-lama di area wisata. Cukup sehari, mereka bisa langsung pulang.

Isu pengrusakan lingkungan akibat konstruksi bangunan sebenarnya bukan yang pertama kali terjadi. Bagaimana menurut Anda? Seperti apakah gambaran karya arsitektur yang aman bagi lingkungan?

Sumber:
 www.industrytap.com
 www.dailymail.co.uk
 www.amusingplanet.com
 www.topchinatravel.com