Reading Time: 4 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
Manila-Floods

Rooang.com | Dilihat dari bentuk kotanya, Metro Manila adalah daerah yang rentan terhadap banjir. Banjir yang dialami Metro Manila telah berada di ambang batasnya. Terakhir, banjir yang melanda seantero wilayah tersebut telah melumpuhkan ibu kota Negara Filipina dan daerah di sekitarnya. Tercatat pada September 2014 lalu, bencana banjir di Metro Manila mengakibatkan tiga korban meninggal dunia, 470.000 warga kota dan 27.000 warga sekitar mengungsi ke daerah lain.

Metropolitan Manila, atau yang biasa dikenal dengan sebutan Metro Manila, merupakan daerah pusat pemerintahan di Negara Filipina. Jika disamakan dengan Indonesia, Metro Manila itu seperti Jabodetabek-nya Indonesia. Metro Manila ini terdiri dari banyak daerah, yakni Kota Manila (Ibukota Negara), Kota Quezon, Kotamadya Pateros, dan kota-kota Caloocan, Las Piñas, Makati, Malabon, Mandaluyong, Marikina, Muntinlupa, Navotas, Parañaque, Pasay, Pasig, San Juan, Taguig, dan Valenzuela.

Metro Manila terbagi oleh Sungai Pasig yang menghubungkan Manila bay dengan Laguna de bay. Sungai Pasig berperan sebagai saluran utama untuk menampung dan mengalirkan air hujan yang berasal dari daerah tersebut dan dari dataran tinggi yang berada di atasnya ke laut. Namun, sistem aliran ini tidak berjalan lancar sehingga saat musim hujan tiba, air sungai Pasig meluap dan tak lagi mampu menampung seluruh air hujan.

manila_2012

Image credit