Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
tips-menggunakan-cat-warna-gelap

Rooang.com | Sah-sah saja jika Anda sangat menyukai suatu warna dan ingin mewujudkannya sebagai warna rumah. Termasuk juga jika Anda menyukai warna-warna gelap seperti hitam, biru gelap, atau abu-abu. Memang warna gelap jarang direkomendasikan untuk warna bangunan karena berbagai alasan, misalnya warna gelap menyerap panas lebih banyak dan membuat ruangan tampak sempit. Tetapi, kalau namanya suka, mau bagaimana lagi. Untuk meminimalkan risiko yang terjadi akibat warna gelap ini, perhatikan keempat poin di bawah ini.

1. Atur pencahayaan sebaik mungkin

sumber: https://www.living.cz/

Selalu ingat hukum alam soal terang dan gelap: warna terang akan membuat ruangan tampak lebar, sedangkan warna gelap akan menimbulkan efek sebaliknya. Ruangan yang cocok dengan warna gelap adalah ruangan yang memiliki akses cahaya maksimal. Jika rumah Anda memiliki jendela cukup besar, sinar matahari berlimpah, dengan ukuran ruang yang cukup besar, berarti menggunakan cat tembok warna gelap tidak akan berpengaruh buruk.

2. Dinding yang halus

sumber: http://livethemma.ikea.se

Semakin gelap warna cat tembok yang digunakan, maka tekstur dinding akan semakin terlihat. Sama seperti jika seorang wanita hendak menggunakan lipstik. Semakin gelap warna lipstiknya, akan semakin memperlihatkan kerutan di bibirnya. Jelek, bukan? Karenanya, pastikan lebih dahulu bahwa dinding yang akan dicat memiliki permukaan yang halus mulus. Lapisi dengan acian sampai semua permukaan rata, halus, tanpa retak rambut maupun bekas goresan.

(Baca juga: Berkenalan dengan Uniknya Cat Tekstur)

3. Pilih cat yang terbaik

sumber: https://www.we-heart.com

Pilihan warna cat hanya akan memengaruhi keindahan ruangan sebesar 50%. Sisanya ditentukan oleh kualitas cat tembok yang Anda gunakan. Penggunaan warna gelap akan membuat ruangan jadi tampak lebih dramatis. Karenanya, sangat penting untuk cermat memilih corak cat dengan tepat, apakah glossy, semi-gloss, eggshell, atau matte. Pemilihan ini selain disesuaikan dengan lokasi dan efek yang diinginkan, juga harus sesuai dengan kebutuhan. Misalnya untuk ruangan dengan tingkat lalu-lalang yang tinggi, maka corak glossy yang paling baik dan paling tahan lama. Jangan lupa pilih cat dengan hasil yang halus, sehingga tidak menimbulkan tekstur dan kilapnya lebih merata.

4. Kuasai teknik mengecat

Seperti yang sudah disebutkan berkali-kali, warna gelap akan mengekspos setiap cacat dan kejanggalan yang jelek dari dinding. Karenanya, dibutuhkan keterampilan tinggi agar hasilnya bisa sebaik yang diharapkan. Jika Anda ragu-ragu pada kemampuan Anda sendiri, mintalah bantuan tukang cat berpengalaman dan memiliki rekam kerja yang baik. Jangan mengambil resiko ruangan jadi terlihat aneh atau mengerikan.

(Baca juga: Tips Memilih Kuas dan Roller Cat yang Tepat)

5. Kombinasikan dengan warna langit-langit

Dinding boleh saja berwarna gelap. Tetapi, akan lebih baik jika langit-langitnya berwarna terang, misalnya putih, abu-abu terang, atau krem. Warna terang pada langit-langit akan membuat ruangan tetap terlihat cerah dan lapang.

Sudah memahami apa saja yang perlu diperhatikan? Punya pendapat lain dalam menerapkan warna gelap untuk ruangan? Tambahkan tips-tips Anda dengan menuliskannya di kolom komentar.

Sumber:
www.apartmenttherapy.com