Reading Time: 4 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
membuat-awning-indoor

Rooang.com | Kalau sedang berkunjung ke bistro atau kafe, biasanya kita akan melihat jendelanya diberi awning. Awning adalah jenis window covering yang berfungsi utama untuk melindungi ruangan dari sinar matahari berlebihan, dengan tetap membiarkan cahaya masuk. Awning sangat berperan dalam mengurangi panas ruangan dan membuatnya tidak silau. Di luar fungsi tersebut, awning-awning yang ada memiliki model yang sangat menarik. Anda pasti ingin memilikinya juga di rumah.

Selain ditempatkan di area outdoor, awning pun bisa ditaruh di dalam ruangan, biasanya untuk ruang bermain atau kamar tidur anak, sehingga menambah kesan playful dan menyenangkan. Sayangnya, harga awning relatif mahal. Nah, daripada harus beli, mengapa tidak membuatnya sendiri saja? Anda bisa membuatnya dari perkakas sederhana yang ada di rumah.

Alat yang diperlukan

  • Triplek
  • Kardus bekas untuk membuat pola
  • Kayu batangan sepanjang sekitar 3 meter
  • Kain lining material fisilin/viselin ukuran 2,5—3 meter
  • Kain motif (bisa bahan apapun karena untuk indoor) 2,5—3 meter
  • Bor listrik, 8 sekrup, mesin jahit, benang, mesin obras, meteran kain, stapler, bracket L, setrika, gunting, cutter, gergaji

Langkah pembuatan

1. Buat pola

image credit

Buat pola gambar segitiga pada kertas kardus. Berikut ini adalah contoh pola beserta ukuran yang bisa Anda coba. Potong kedua bagian ujungnya karena pada bagian itu akan dipasang kayu rangka. Ukuran potongan sesuai dengan lebar kayu yang Anda siapkan. Di sini, digunakan kayu dengan ukuran 2,5×10 cm.

2. Potong triplek dan kayu rangka

image credit

image credit

Setelah pola jadi, jiplak pada triplek. Potong sesuai pola yang ada. Hasilnya ada 2 potong triplek, untuk sisi kanan dan kiri. Lalu potong kayu sesuai ukuran yang Anda inginkan. Di sini, ukuran awning adalah sepanjang 1,5 meter. Jadi kayu sepanjang 3 meter tinggal dipotong jadi 2 bagian. Setelah semua selesai dipotong, rekatkan kain lining pada permukaan kayu dan permukaan luar triplek.

3. Satukan rangka

image credit

Sebelumnya, buat lubang sekrup pada triplek yang telah dilapisi lining dengan bor listrik. Dengan begini, penyekrupan tidak akan merusak kain. Setelah itu, satukan rangka dengan sekrup hingga terbentuk rangka seperti ini.

4. Ukur dan potong kain

image credit

image credit

Setelah rangka disatukan, tempelkan sisa kain lining pada permukaan depan. Kemudian, ukur berapa ukuran kain motif yang digunakan untuk bagian depan. Untuk sisi kanan dan kiri, gunakan pola pada kardus tadi. Setiap ukuran mencakup: panjang dan lebar sisi, tambahan 2,5 cm untuk bagian lipatan/jahitan dalam, lalu tambahkan bagian bawah untuk poninya. Di sini, tambahan poni yang diinginkan adalah 22,5 cm, jadi ukuran kain ditambahkan 25 cm ke bawah (22,5 cm untuk poni dan 2,5 cm untuk lipatan/jahitan poni). Setelah ukuran selesai, lepas kembali kain lining bagian depan tersebut.

Siapkan kain tambahan untuk lapisan poni. Ukurannya adalah (sisi kanan+sisi depan+sisi kiri+jarak lipatan) X 25 cm

image credit

5. Potong dan jahit kain

image credit

image credit

Potong kain motif sesuai ukuran yang sudah disiapkan. Potong juga kain lining sesuai ukuran tersebut lalu tempelkan pada kain motif. Setelah itu, setrika kain agar kain lining merekat. Jahit semua potongan kain jadi 1. Agar tidak berantakan, sebelumnya kain harus sudah diobras terlebih dahulu. Untuk bagian poni, tempelkan kain poni dengan posisi saling membelakangi, lalu jahit bagian tepinya saja.

image credit

7. Pasang

image credit

Setelah semua tahapan usai, kini tingal memasang kain pada rangka. Agar lebih baik dan merekat, rekatkan dengan lem khusus kain dan kayu atau pasang dengan stapler. Pasang awning dengan bracket L di atas ranjang sebagai pelengkap headboard atau di ruang bermain sebagai bagian dari imajinasi anak-anak.

Menarik, bukan? Cara membuatnya pun tidak sulit. Segera buat sendiri awning Anda, lalu kirimkan fotonya di Rooangku.

Sumber:
 craftycupboard.net
 www.danamadeit.com

image credit