Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
dapur-compact-untuk-ruang-minim

Rooang.com | Sudah bukan rahasia lagi bahwa mahalnya harga properti telah ‘memaksa’ kita untuk tinggal di ruangan yang berukuran mini. Dampaknya, selain ruang gerak yang terbatas, kita juga harus memutar otak agar semua perkakas bisa masuk dengan aman di dalam rumah. Salah satu ruangan yang menyimpang paling banyak barang atau perkakas adalah dapur. Di ruangan ini, ada banyak sekali perlengkapan, mulai dari wastafel cuci piring, kulkas, oven, rice cooker, microwave, rak piring, lemari stok logistik, dan sebagainya.

Salah satu solusi untuk merangkum semua kebutuhan di atas adalah menerapkan dapur compact. Compact sendiri berarti padat. Artinya, pemanfaatan ruangan secara maksimal, sehingga setiap space yang ada bisa digunakan untuk menyimpan barang kebutuhan. Dengan dapur compact, ruangan terbatas bisa dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas sekaligus. Selain itu, dapur juga sering dijadikan tempat untuk melakukan aktivitas lainnya, misalnya makan, bercengkerama, bekerja, dan bahkan mencuci baju.

Dapur compact ini sudah ada sejak lama, tetapi belum banyak yang menerapkannya. Sebagian besar dapur compact hanya bisa ditemukan di unit apartemen yang dijual full-furnished. Sementara, hunian rumah tapak dan apartemen tanpa furnish belum menggunakan dapur ini. Dampaknya tentu saja pada pola penyimpanan barang yang kurang tertata, bahkan terlihat berantakan.

image credit

Pada dasarnya, menciptakan dapur kompak sama seperti membuat kitchen set biasa. Hanya saja, rancangannya dibuat seringkas dan serapat mungkin. Menggunakan dapur compact berarti pemilik hunian harus siap menghilangkan sejumlah perabot yang berlebihan, seperti koleksi piring, gelas, dan cangkir cantik. Ukuran wastafel cuci juga dibuat lebih kecil, sehingga menghemat tempat tanpa mengurangi fungsinya.

Jika Anda berniat memiliki dapur kompak dengan memesannya secara custom, tata penempatan barang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya peletakan rak piring tepat di bawah wastafel cuci atau di atasnya. Di dalam kabinet lantai (kabinet yang menempel di lantai) akan dilengkapi dengan ruang untuk meletakkan mesin cuci, kulkas, dan oven listrik (jika diperlukan). Kabinet atas sebaiknya digunakan untuk menyimpan barang yang jarang digunakan, seperti penggiling adonan kue.

Agar lebih compact, jika memungkinkan, letakkan oven, kulkas, dan mesin cuci di dalam kitchen set ini. Mesin cuci memang bisa diletakkan di mana saja, selama terhubung dengan saluran air. Kompor yang lebih menghemat tempat tentunya adalah kompor listrik. Kompor listrik bisa dibuat menyatu dengan kabinet, sehingga terlihat lebih rapi.

image credit

Kelemahan dapur kompak adalah kesulitan perbaikan saat ada kerusakan. Misalnya: memperbaiki saluran air wastafel, sementara di bawahnya ada rak piring; atau memperbaiki kompor listrik yang menyatu dengan set dapur. Beraktivitas di dapur ini juga harus mempertimbangkan urutan waktu karena penghuni tidak bisa melakukan semua aktivitas bersamaan. Bayangkan betapa rumitnya mencuci baju ketika ada orang lain tengah memasak di tempat tersebut. Di samping itu, harga dapur kompak berteknologi tinggi juga cukup mahal.

Anda punya ide lain agar pemanfaatan ruangan dalam rumah mungil bisa lebih efisien dan maksimal? Bagikan ide tersebut dengan pembaca lainnya dengan berkomentar atau kirimkan fotonya di Rooangku.

Sumber:
www.ideaonline.co.id
 www.hgtv.com

image credit

image credit

image credit