Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
kaca-film-dan-kaca-patri

Rooang.com | Banyak sekali cara yang bisa dilakukan agar tampilan rumah tampak menawan penuh pesona. Ada yang memilih untuk menata tamannya, ada yang mengutamakan kebersihan dan kerapian, sementara yang lain lebih suka tampil apa adanya dan minimalis.

Salah satu cara yang bisa Anda pertimbangkan dalam mempercantik rumah adalah dengan mendekorasi kaca rumah. Kaca rumah bisa dimodifikasi dengan banyak cara, di antaranya dengan membuat kaca patri atau memasang kaca film. Dua-duanya memiliki motif dan warna yang sangat kaya. Apa bedanya?

Kaca film

kaca film motif bambu image credit
kaca film motif bunga image credit

Kaca film atau yang biasa disebut juga dengan stiker kaca, dulunya hanya digunakan untuk membatasi jumlah sinar matahari yang masuk ke mobil, sehingga pengemudi tidak silau. Ternyata, kaca film pun bisa diaplikasikan pada jendela dan pintu kaca di rumah. Awalnya kaca film hanya untuk melapisi jendela untuk dijadikan kaca rayben sehingga tidak silau. Ada banyak pilihannya, sesuai prosentasi cahaya yang ingin disaring, misalnya 40%, 60%, atau 80%.

Semakin lama, jenis kaca film semakin berkembang. Kini banyak juga kaca film motif kaca es dengan tekstur agak kasar. Kaca film juga lengkap dengan motif lainnya, seperti binatang, dedaunan, bunga-bungaan, serta bentuk-bentuk geometris yang minimalis. Ada juga motif menyerupai kaca patri. Warnanya pun bervariasi, bisa dipilih sesuai selera. Kaca film juga bisa dibuat sesuai pesanan, misalnya untuk menandai naa kantor di pintu kaca.

Kaca film merupakan jenis dekorasi kaca jendela dan pintu yang murah meriah. Harganya mulai Rp 100.000 sampai Rp 200.000 per meter lari. Harga ini belum termasuk biaya pemasangan, biasanya sekitar Rp 20.000 per meter persegi. Jika Anda enggan mengeluarkan uang tambahan untuk pemasangan, bisa pasang sendiri karena caranya cukup mudah.

Bagaimana dengan kaca patri? Yuk, klik halaman selanjutnya.