Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
kondisi-pameran-3

Rooang.com | Desain Busan Cinema Center memang radikal. Karya firma arsitek Austria, Coop Himmelb(l)au, itu mampu menggaet mata Sherlyta Alviona saat ia berkunjung ke Korea Selatan. Sherlyta pun mengabadikannya dengan lensa tajam kameranya. Bangunan dengan atap penyangga berbahan baja dengan permainan lampu LED yang dinamis itu dijepret oleh mahasiswi Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, itu. Foto yang ia juduli ‘Look Up’ tersebut memikat Dewan juri Geest van de Architectuur (GADA) dan menilai ia layak menjadi jawara pertama dan berhak mendapatkan Rp4.500.000,00.

Sherlyta Alviona_Jawa Barat, Indonesia_UNPAR_Look Up_Busan Cinema Center - Copy

Lain lagi dengan Donny Indrawira. Ia menampilkan Monumen Perjuangan Rakyat dalam karya foto yang simetris. Cahaya yang muncul dari tengah seakan-akan menjadi pembagi sekaligus pemuncul refleksi. Dewa juri yang terdiri dari Goenadi Haryanto, Rasmono Sudarjo, dan Hongky Zein itu pun menetapkan karya mahasiswa Universitas Sriwijaya, Palembang, itu sebagai jawara kedua dan berhak meraih uang tunai Rp3.000.000,00.

DONNY INDRAWIRA_SUMATERA SELATAN_UNIVERSITAS SRIIJAYA_MONUMEN PERJUANGAN RAKYAT - Copy

Sementara itu, Jessica Lavenia memotret Coops Shot Tower dengan latar glass cone terbesar di dunia, yakni di Melbourne City Centre. Karya foto mahasiswi Univesitas Kristen Petra yang berjudul “Beneath the Cone” itu berhasil menyabet juara ketiga dan memperoleh Rp1.500.000,00.

Jessica Lavenia_Jawa Timur_Universitas Kristen Petra_Beneath the Cone

Foto mereka beserta 47 karya terbaik lomba fotografi GADA ini dipamerkan di Lower Ground Ciputra World Mall, Surabaya, pada 13-15 Maret 2015. Para pengunjung pameran diberi kesempatan untuk memvoting foto favorit mereka. Jonathan Milakusuma dengan foto berjudul “Shade” pun keluar sebagai juara favorit. Mahasiswa ERC Institute, Singapura, ini berhak mendapatkan Rp500.000,00.

JONATHAN MILAKUSUMA_ERC Institute_Shade_Garden by The Bay copy

Selain itu, karya-karya peserta juga diunggah ke Facebook dan Instagram untuk dilakukan penjurian via media sosial. “Between Light and Space”-nya Keshia Hanna pun terpilih sebagai juara dan memperoleh Rp500.000,00.

keshia hanna_uk.petra_between light and space - Copy

Geest van de Architectuur adalah kompetisi foto arsitektur tingkat internasional yang diadakan oleh Universitas Kristen Petra sejak 2010. Kompetisi ini terbuka untuk pelajar SMA dan mahasiswa dari berbagai penjuru dunia.

Geest van de Architectuur (GADA)

Tahun ini tema lomba yang diangkat GADA adalah “High-Light Architecture”. Objek foto yang diinginkan berupa pencahayaan dalam arsitektur. Oleh sebab itu, karya para peserta berusaha menonjolkan efek pencahayaan terhadap bangunan, baik pencahayaan alami maupun buatan. Tidak hanya nilai estetika yang dihadirkan, namun sekaligus menonjolkan bangunan lewat pencahayaan.

Geest van de Architectuur (GADA)

 

www.gadapetra.com
https://instagram.com/gada_petra/