Reading Time: 2 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
feng-shui

Rooang.com | Pada dasarnya, mendekorasi rumah ala fengshui bertujuan untuk menciptakan perasaan nyaman dan harmoni dalam diri penghuninya. Dekorasi ala fengshui bukan berarti Anda harus membikin rumah tipe Zen. Namun, hal yang ditekankan adalah bagaimana Anda membuat rumah dialiri energi terbaik yang bisa mendukung aktivitas Anda. Misalnya, ruang kerja membutuhkan energi yang hidup dan aktif, sementara ruang tidur butuh energi yang tenang dan sensual.

Dalam dekorasi rumah, Anda bisa mencapai energi yang diinginkan dengan mengikuti 5 prinsip dasar fengshui berikut ini.

(Baca juga: Petunjuk Menata Dapur Ala Fengshui)

1. Perhatikan pencahayaan dan kualitas udara

Kedua elemen ini penting untuk Chi yang bagus atau energi fengshui di rumah Anda. Jadi, kalau Anda sudah merapikan rumah – untuk membuang sisa-sisa energi lama – itu berarti rumah Anda sudah siap dengan kualitas udara dan pencahayaan yang baik.

2. Tetapkan bagua atau peta energi di rumah Anda

Bagua ini menjadi semacam cetak biru atau peta mengenai warna apa yang Anda gunakan pada ruangan tertentu, lukisan apa yang paling oke untuk rumah Anda, bagaimana meletakkan furnitur sehingga aliran energinya mantap, dan sebagainya. Mengetahui bagua merupakan hal yang krusial dalam dekorasi ala fengshui, jadi jangan sepelekan hal ini.

image credit

3. Pahami bagaimana menerapkan warna

Warna adalah cara yang manjur untuk memindahkan energi di rumah Anda. Pemilihan warna yang tepat juga akan membuat Anda mendapatkan hasil fengshui yang lebih cepat. Intinya, tahu bagaimana menggunakan warna secara terampil sangat penting untuk dekorasi rumah ala fengshui. Apakah biru adalah warna fengshui yang cocok untuk kamar tidur? Apakah warna merah bagus untuk pintu masuk utama? Cari tahu hal tersebut.

(Baca juga: Tip Memilih Warna Rumah Agar Hidup Nyaman Ala Fengshui)

4. Pilih item produk yang memiliki fengshui bagus

Mungkin Anda sudah memiliki barang-barang tersebut, atau Anda butuh air mancur yang indah dan beberapa karya seni, atau lukisan Buddha di ruang kerja Anda. Cocokkan benda-benda itu dengan skema warna ruangan Anda. Ingat, dekorasi ala feng shui yang baik, bukan berarti rumah Anda harus tampak seperti Zen. Dekorasi ini lebih menekankan pada tujuan yang jelas dan penggunaan item tertentu yang khas.

5. Tahu bagaimana meletakkan item dekorasi

Misalkan, Anda telah membeli air mancur atau kristal. Pertanyaan selanjutnya, di mana Anda akan meletakkan kedua item tersebut agar sesuai dengan fengshui yang diinginkan? Tentu saja, Anda harus perhatikan kembali bagua rumah Anda (perhatikan langkah no. 2). Langkah berikutnya adalah menempatkan item-item tersebut di posisi terbaik yang mendatangkan keberuntungan.

Satu lagi yang perlu diingat. Ketika Anda mendekorasi rumah ala fengshui, jangan lupa untuk fokus pada gambaran besar rumah Anda. Artinya, cobalah untuk meng-zoom in masing-masing area di rumah Anda untuk menciptakan energi fengshui terbaik pada tiap ruangan.

Bagaimana, Sobat Rooang? Sudah siap mendekorasi ulang rumah Anda?

(Baca juga: Tips Lokasi Rumah Hoki Ala Fengshui)