Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
PANEL-001-BALE-DESIGN

Rooang.com | Pertama kali di Indonesia, sepanjang 2015 ini, sedikitnya empat puluh biro arsitektur akan berpartisipasi dalam 10 kali pameran di 7 kota besar, yaitu Denpasar, Jakarta, Surabaya, Makassar, Balikpapan, Bandung dan Jogjakarta.

Materi pameran adalah karya arsitektur yang sudah terbangun dan karya-karya yang saat ini masih dalam tahap perancangan, serta profil masing-masing biro arsitek berikut tim arsiteknya.

Pameran sudah mulai dilaksanakan pada bulan Feburari di Bali, dan bulan Maret di Jakarta. Pada bulan April ini diselenggarakan di Bali dan tanggal 22-26 April diselenggarakan di Indobuildtech Surabaya.

(Baca juga: Datanglah ke Pameran Karya Biro Arsitektur Indonesia di Surabaya)

Karya arsitektur yang dipamerkan terdiri dari berbagai proyek, baik proyek komersial, pemerintah, maupun proyek pribadi, yang berupa perkantoran, pusat perbelanjaan, hotel, apartemen, fasilitas pendidikan, kesehatan, hingga villa, resort dan rumah tinggal.

Menurut Dian Putra, Manajer Proyek Indonesia Architecture Network, “pameran digelar dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN yang akan berlaku mulai akhir tahun ini, dengan tujuan  untuk meningkatkan apresiasi publik terhadap karya-karya arsitektur dari biro arsitektur dalam negeri”.

Dr. Henry Kusnadi, ST, MT, Principal Architect dan Direktur Utama PT Indomegah Cipta Bangun Citra, salah satu biro arsitektur peserta pameran mengemukakan, “Pameran ini  menjadi media yang memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang capaian industri kreatif bidang arsitektur Indonesia, yang sebenarnya telah  berperan signifikan dalam pembangunan berbagai pengembangan proyek, baik di negeri sendiri maupun di manca negara”.

(Baca juga: Langkah-Langkah Menjadi ASEAN Architect)

Henry menambahkan, “Tercermin dari portofolio yang dipamerkan,  jasa arsitektur Indonesia, sangat siap menghadapi dan berperan serta dalam pembangunan di era pasar bebas ASEAN. Bahkan, kini sudah lebih maju karena layanan biro arsitektur Indonesia tidak hanya pada tahap perancangan  arsitektur saja, namun juga dalam ruang lingkup tahap yang lebih awal termasuk konsep desain yang bisa menambah nilai pada sebuah pembangunan properti”.

Rencananya, selain di dalam negeri, pameran serupa juga akan diselenggarakan di kota-kota penting ASEAN, sehingga nantinya biro arsitektur Indonesia bisa dikenal dan bisa turut berperan dalam pembangunan di wilayah yang lebih luas lagi, yaitu di kawasan ASEAN.

PANEL 003 INDOMEGAH 2

Pameran diselenggarakan oleh  Indonesia  Architecture Network bekerja sama dengan pameran teknologi bahan bangunan yaitu: Decorintex – PT Debindo Mitra Tama, Indobuildtech – PT Debindo ITE, Megabuild Expo – PT REED Panorama.Pameran ini didukung oleh Pondasi Ramah Gempa – Konstruksi Sarang Laba-laba dan Akira Data penyedia mesin cetak, serta layanan percetakan pameran didukung oleh www.DuniaPrint.co.id, perusahaan jasa layanan cetak.

(Baca juga: Hadirilah Talkshow Arsitektur ARCHIPRENEUR di Indobuildtech Surabaya)

Peserta dari Jakarta antara lain: Airmas Asri PT, Architect Indomegah, Atelier 6, Julio Architect & Partners, Kalayman Architect, Megatika   Architect,   Metaphora Solusi Global, PDW Architects, PHL Architects, Tetra Desain Indonesia PT, TWS& Partner Architect, USP Architect.

Dari Bali: 2PA Architecture, Arte Arsitek, Bale Design, Kusa Architects, Made Dharmendra Architect,  Civarch Design Studio, Imago Design Studio,  Rekamassa Architects,  Skylight Architecture, Umasapta Architects,

Dari Surabaya: Andyrahman Architect,  Archimetric PT, Dpavilion Architect,  KSAD Architect.

Dari Bandung: LABO. Architects + Design, Pentakarya Architecture, Urbane Indonesia PT, tak ketinggalan pula, dari Makassar: Panrita 9 Architect, Wendy Architect & Partner, Pontianak: Ricky & Partner Architect dan Jogjakarta: Abov Kreatif Indonesia.

(Baca juga: Bagaimana Arsitek Indonesia Dapat Sertifikasi ASEAN?)

 

Tentang Indonesia Architecture Network

Indonesia Architecture Network (IAN) merupakan media informasi tentang perkembangan dunia arsitektur Indonesia. Media berbentuk daring berupa situs internet www.arsitektur.asia dan berbentuk program kegiatan-kegiatan arsitektur dalam berupa pameran arsitektur untuk umum, seminar/ talkshow/ workshop tentang arsitektur, teknologi & bahan bangunan. Indonesia Architecture Network bekerjasama dengan biro/perusahaan konsultan arsitektur, organisasi, perguruan tinggi, komunitas arsitektur, pemerintah dan perusahaan penyelenggara pameran profesional dalam menyelenggarakan program-programnya.

Pada tahun 2015, IAN menyelenggarakan 10 kali program pameran karya biro arsitektur di 7 kota besar di Indonesia.